17 May 2022 08:27 WIB

Fan Belt Berdecit Akibat Selip? Ini 3 Penyebabnya

Diantara Hyundai Lovers, mungkin pernah mengalami kejadian mobil mengeluarkan suara yang kurang mengenakan. Alih-alih terasa terdengar seperti decitan ban, tapi ternyata bersumber dari ruang mesin.

Suara decitan ini muncul dari sabuk pada mesin yang seringkali disebut sebagai fan belt. Namun pada mobil Hyundai, sebenarnya sudah menggunakan model Serpentine Belt. Sabuk ini menghubungkan berbagai komponen yang terhubung pada mesin, misalnya alternator, water pump dan lainnya.

Baca juga: Cegah Kerepotan Di Jalan Dengan Penggantian Fan Belt

Suara decitan dari fan belt bisa muncul karena belt mengalami selip. Karena bahan utamanya terbuat dari karet, maka akan menghasilkan suara decitan.

Ada beberapa alasan mengapa belt bisa selip, berikut beberapa alasan yang PT Hyundai Mobil Indonesia bisa sampaikan:

1. Kendor

Belt kendor bisa menyebabkan belt berdecit. Biasanya hal ini disebabkan karena faktor pemakaian. Sedangkan bagi pemilik mobil seken, sering ditemui akibat pemasangan yang kurang presisi, atau belt yang digunakan tidak asli sehingga ukurannya ada sedikit perbedaan. Ingin mencegah hal tersebut terjadi? Maka periksalah belt mobil Hyundai Anda di jaringan bengkel resmi Hyundai yang bisa di cek pada https://hyundaimobil.co.id/network-contact.

2. Tensioner

Tensioner bertugas untuk mengencangkan belt sehingga tidak kendor alias memberikan tensi. Jika tensioner tidak kencang, maka otomatis belt akan kendor dan menghasilkan suara decitan tersebut.

3. Alignment

Belt harus berada pada satu garis lurus. Jika tidak lurus, maka belt akan bergesek pada pulley dari komponen yang menghasilkan suara decitan. Pada situasi terburuk, akan timbul bau gosong dimana belt mengalami gesekan berlebih sehingga panas, dan sangat berpotensi untuk putus.