02 October 2020 06:06 WIB

Halau Tikus Gerogoti Kabel Mobil Hyundai

Tikus mungkin hewan yang kecil dan tidak terlalu berbahaya. Namun, bagi mobil yang terparkir, tikus bisa menjadi sebuah tanda kiamat bagi kelistrikan mobil tersebut. 

Ketika seekor tikus memasuki ruang mesin, maka tikus bisa menggigiti kabel hingga habis. Untuk memperbaikinya, biayanya bisa variatif tergantung kerusakannya. Pada kondisi terburuk, bisa-bisa seluruh kabel harus diganti baru yang memakan biaya tidak sedikit.

Bagi Hyundai Lovers tentunya tidak ingin tikus menggerogoti kabel mobil Hyundai kesayangan kalian. Untuk itu, ada beberapa cara preventif dalam membasmi tikus.

1. Pasang Perangkap Di Sekitar Garasi

Dengan perangkap di sekitar garasi dan mobil, maka akan ada kemungkinan tikus akan tertangkap sehingga tidak bisa memasuki area mesin mobil. Selain itu, bisa juga meletakkan kapur barus di sekitar kendaraan.

2. Suara Ultrasound

Tikus bisa mendengar suara frekuensi tinggi yang tidak bisa didengar manusia. Alat yang sering disebut sebagai ‘Mouse Repellent’ ini tersedia di berbagai toko dan terus memancarkan suara frekuensi tinggi yang bisa mengganggu dan mengusir tikus.

3. Jaga Kebersihan

Bila di sekitar tempat parkir terdapat tempat yang ideal bagi tikus untuk bersembunyi seperti tumpukan sampah atau daun, ada baiknya untuk membersihkan tumpukan tersebut. Tikus suka lingkungan yang kotor untuk bersembunyi. Kotoran di dalam mobil juga bisa memancing tikus untuk datang.

4. Buka Kap Mesin

Ini mungkin bukan solusi bagi sebagian orang yang parkir di luar ruangan. Tetapi bila mobil diparkir di dalam ruangan, membuka kap akan membuat tikus bisa keluar dari dalam kompartemen mesin anda. Selain itu, tikus tidak suka tempat yang terang. Dengan cahaya dari ruangan, maka tikus tidak akan bersembunyi di balik kap mesin.

5. Jangan Biarkan Mobil Terlalu Lama Diam

Mobil diam merupakan sebuah istana bagi tikus. Tempat yang mudah diakses dan minim cahaya membuat mereka bisa terus menerus tinggal disana. Dengan sering menggunakan mobil, maka panas dari mesin dan mobil yang selalu berpindah-pindah akan mengurangi minat tikus untuk tinggal di balik kap mesin.

Itulah beberapa cara yang sangat berguna untuk mencegah perbaikan mobil yang mahal karena hama di sekitar tempat parkir. Menurut Hyundai Lovers, cara mana yang paling efektif?