26 January 2021 19:02 WIB

Mengapa Lampu Rem Berwarna Merah Tak Boleh Diganti?

Lampu merah dan rem sudah menjadi suatu hubungan yang sangat erat. Ketika melihat lampu merah menyala, maka insting seakan berkata untuk berhenti dan tidak melaju.

Lantas, mengapa warna inilah yang dipilih untuk menjadi lampu pertanda rem pada mobil-mobil termasuk mobil Hyundai? 

Alasannya ternyata sangat sederhana.

Jika dilihat dari teori warna, warna merah merupakan warna dengan gelombang terpendek dibandingkan warna lain. Hal ini menyebabkan warna merah bisa ditangkap paling cepat oleh mata manusia dibandingkan mata lain. Anda bisa merasakan ini misalnya dengan melihat foto dan warna merah akan terlihat terlebih dahulu.

Dengan begitu, maka pengemudi pun bisa merespon dengan lebih cepat dan mencegah kecelakaan karena misalnya tabrakan dari belakang.

Bayangkan jika lampu rem menggunakan warna lain, mungkin respon pengemudi akan lebih lambat sehingga bisa terjadi kecelakaan. Itu juga yang menjadi salah satu alasan mengapa warna lampu rem tidak diperbolehkan diganti warnanya.

Karena itu Hyundai Lovers, mungkin melakukan modifikasi seperti mengganti warna lampu memang unik, tetapi jika mengurangi aspek keselamatan dan melanggar peraturan, sebaiknya tidak dilakukan.