12 March 2020 02:00 WIB

Setir Mobil Bergetar, Cek Bagian-Bagian Ini

Kondisi setir mobil yang baik saat melakukan perjalanan menjadi salah satu faktor penting dalam keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Pasalnya, jika pengemudi sudah merasakan setir bergetar saat dibawa dalam kecepatan tinggi atau bahkan saat diam, berarti ada kondisi mobil yang perlu diperiksa.

Biasanya, ada beberapa faktor yang membuat setir bergetar, seperti kondisi ban atau tekanan anginnya, kaki-kaki mobil, hingga masalah engine mounting. Berikut, beberapa bagian yang harus diperiksa saat setir bergetar saat di jalan:

1) Tekanan angin

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya pemilik mobil periksa kondisi ban untuk memastikan tekanan anginnya sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Pasalnya, jika tekanan angin ban kurang, sudah  pasti akan berpengaruh dengan performa mobil dan menjadi salah satu penyebab setir mobil bergetar.

2) Kondisi tapak ban

Selain tekanan angin, juga kondisi tapak ban yang bisa menjadi penyebab setir bergetar. Jadi, pengecekan kondisi tersebut penting juga dilakukan. Caranya cukup mudah, hanya dengan memperhatikan Tradewear Indicator (TWI), yaitu penanda atau indikator bagi permukaan ban.

TWI biasanya terletak di sela-sela groove atau alur ban. Jika permukaan ban sudah sejajar dengan TWI, tapak ban Anda berarti sudah tipis. Segera lakukan penggantian ban di bengkel demi mengurangi resiko berbahaya saat berkendara.

3) Kaki-kaki mobil

Tidak hanya mobil, kondisi kaki-kaki mobil bisa menjadi salah satu penyebab setir bergetar. Biasanya, ada komponen kaki-kaki yang aus, sehingga berpengaruh pada setir mobil.

Ada beberapa komponen yang aus pada kaki-kaki mobil yang membuat setir bergetar,  seperti ball joint, racksteer, tie rod, dan lain sebagainya. Komponen-komponen itu berkaitan dengan setir mobil.

4) Engine mounting

Knerja engine mounting juga bisa menjadi salah satu penyebab setir yang bergetar. Biasanya, getaran mesin mobil juga semakin terasa, dan bahkan getarannya sudah ada sejak mesin dihidupkan. Lalu, ketika berjalan, setir mobil pun ikut bergetar dan membuat laju mobil terganggu.