02 May 2020 20:23 WIB

Spoiler Berfungsi Tingkatkan Performa dan Kontrol Mobil

Stigma kebanyakan orang terhadap spoiler mobil masih sebatas aksesori yang menambah nilai estetik. Secara tampilan, memang mobil yang menggunakan spoiler terlihat memiliki 'efek kejut' pada visualisasi.  

Efek spoiler pada mobil sebenarnya tidak hanya meningkatkan estetika, tetapi juga meningkatkan performa dan kontrol mobil. Pada mobil terbarunya, Hyundai Kona, mempunyai spoiler yag menarik perhatian. Hyundai mempunyai informasi mengenai fungsi spoiler yang digunakannya.

 

Fungsi Penting Spoiler

Spoiler merupakan salah satu komponen teknologi. Pada Hyundai Kona, spoiler juga berfungsi untuk memengaruhi aerodinamika mobil. Spoiler juga berfungsi menambah downforce atau untuk mengurangi gaya angkat dengan memberikan tekanan ke bawah yang ditimbulkan saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Karena gaya angkat yang terjadi pada mobil Hyundai Kona dengan performa kecepatan yang tinggi, mobil mampu melayang dan menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol. Untuk meningkatkan kontrol dan meredam gaya angkat, Hyundai Kona didesain dengan menggunakan Rear Spoiler LED HMSL.

 

Teknologi Rear Spoiler LED HMSL

Rear spoiler pada Hyundai Kona didesain dengan meningkatkan teknologi yang sempurna. Pasalnya, pada rear spoiler dipadukan dengan lampu LED HMSL untuk meningkatkan keamanan dalam berkendara. LED High Mount Stop Lamp berfungsi membantu memberi tanda lampu yang menyala tepat pada spot mata yang mengarah ke pengemudi dibelakang ketika melakukan pengereman. Sehingga, pengemudi di belakang lebih segera bereaksi mengerem dan meningkatkan rasio kewaspadaan.

 

Manfaat Penempatan Spoiler

Pada Hyundai Kona, penempatan spoiler menjadi perhatian lebih. Karena penempatan tersebut sangat berpengaruh pada performa dan kontrol mobil. Spoiler yang digunakan di tempat yang tepat yaitu di bagian atas dengan ukuran yang pas. Tujuannya untuk membuat penggunaan bahan bakar tetap stabil, meredam efek turbulensi pada bagian belakang, meningkatkan pengendalian mobil menjadi optimal dan tidak menghasilkan wind noise.

Share