30 September 2021 09:35 WIB

3 Cara Mengatur Head Rest Agar Kepala/Leher Tak Cedera

Tahukah Anda, bahwa head rest pada mobil diciptakan bukan hanya demi kenyamanan semata? 

Memang sesuai namanya, head rest ditujukan sebagai tempat dimana kita bisa mengistirahatkan atau menyandarkan kepala agar leher tidak pegal.

Tetapi, head rest juga memiliki aspek keselamatan, utamanya ketika terjadi tabrak belakang.

Ketika terjadi tabrak belakang, maka otomatis kepala akan mundur ke belakang. Bila tidak ada head rest yang menahan, bisa terjadi cedera pada leher karena kepala mundur terlalu jauh.

Sehingga, head rest pada mobil Hyundai sebaiknya diutilisasikan dengan baik untuk kenyamanan dan keselamatan.

Bagaimana cara mengatur headrest dengan benar? Tidak sulit.

Baca Juga: Cegah Pegal Mengemudi Dengan Cara Mudah

Pertama-tama, jarak head rest dari kepala tidak boleh terlalu jauh, sekitar 3 cm. Hal ini bisa diatur dengan sandaran pada jok mobil Hyundai.

Kedua, ketinggian head rest harus sejajar dengan kepala. Posisi telinga bisa menjadi patokan yang baik. Sejajarkan bagian tengah head rest dengan telinga Anda.

Ketiga, jangan pernah posisikan head rest rendah sehingga mengenai leher terlebih dahulu. Hal ini berbahaya saat terjadi tabrak belakang. Karena, momentum dari tabrakan bisa melontarkan kepala Anda ke belakang. Bila leher tertahan, maka bisa menimbulkan cedera leher.

Dengan hal sederhana ini, maka cedera besar ketika terjadi hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Hal ini juga bisa menjadi fakta yang mengejutkan karena ternyata head rest yang dinilai kecil fungsi keselamatannya sangat besar!