21 June 2020 23:54 WIB

5 Keuntungan Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

Tekanan ban merupakan suatu hal yang penting pada kendaraan. Meskipun sederhana, tekanan udara di dalam ban bisa mempengaruhi kendaraan secara signifikan. Jika tekanan ban kurang, maka kendaraan akan semakin berat yang memperlambat laju kendaraan dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Hal ini juga berbahaya untuk jangka panjang karena kondisi ban yang kempes membuat semakin banyak permukaan ban menapak pada jalanan. Hal ini akan membuat ban semakin panas yang bisa membuat ban cepat gundul, ban habis tidak merata dan yang paling fatal adalah mengalami pecah ban.

Tekanan yang terlalu tinggi juga memiliki resiko tersendiri. Permukaan ban yang menapak pada jalan akan lebih sedikit dan ban menjadi keras. Hal ini membuat permukaan ban habis secara tidak merata dengan cepat dan mengurangi daya cengkeram ban.

Biasanya, pemilik mobil direkomendasikan untuk mengecek tekanan ban secara berkala setiap minggu. Tapi tentunya tidak semua orang melakukan ini.

Namun sekarang tekanan ban dapat dipantau secara terus menerus secara langsung berkat Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Sebuah sistem elektronik yang dirancang untuk memantau tekanan udara di dalam ban kendaraan.

Sesungguhnya TPMS terbagi menjadi 2, yaitu sistem langsung dan tidak langsung. Sistem tidak langsung (indirect) adalah wujud pertama TPMS dimana sistem memperkirakan tekanan ban berdasarkan parameter tertentu seperti kecepatan dan lainnya. Namun, sistem ini sangat sensitif dan tidak akurat, bahkan perlu dilakukan reset manual jika ada pengisian tekanan ban.

TPMS masa kini adalah sistem langsung (direct) dimana terdapat sensor tekanan pada ban. Umumnya, sensor tersebut diletakkan pada katup pengisian ban, menggantikan penutup plastik biasa. Namun banyak juga yang diletakkan pada katup sehingga tidak terlihat. Data akan diberikan kepada pengemudi lewat layar informasi kendaraan secara wireless. Bisa dalam bentuk sederhana seperti tanda peringatan ban kempes hingga bacaan tekanan yang detail setiap ban.

Sistem ini dulunya terbatas masa pakainya karena menggunakan baterai yang ada masa pakainya. Namun, sekarang sistem TPMS banyak mengambil tenaga mereka dari sistem yang serupa dengan RFID (Radio-Frequency Identification), memungkinkan mereka untuk bekerja selama mungkin.

Sistem ini memberikan 5 keuntungan. Pertama, pemilik Hyundai tidak perlu repot mengecek tekanan ban satu per satu. Kedua, karena tekanan ban yang sesuai, maka akibatnya adalah umur ban akan semakin hemat. Ketiga, konsumsi bahan bakar semakin rendah. Keempat, resiko kecelakaan akibat pecah ban menurun. Kelima, mengurangi emisi yang terbuang sia-sia.