10 September 2020 06:23 WIB

Apa Kelebihannya?

Lampu LED, kita sangat sering mendengar kata tersebut. Namun, banyak juga yang tidak mengerti apa kata tersebut. Oke, mari kita bahas secara singkat. LED sendiri merupakan singkatan dari Light Emiting Diode atau bila diterjemahkan, dioda yang memancarkan cahaya.

Membedakan lampu LED dengan bohlam biasa sendiri terbilang mudah, lihatlah saat dia menyala atau mati, apakah hal tersebut terjadi secara perlahan atau sekejap. Bila sekejap, bisa dipastikan itu LED. Bila memerlukan waktu dan terlihat menerang atau meredup secara gradual, biasanya menggunakan bohlam biasa.

LED sendiri sudah ditemukan di beberapa mobil Hyundai. Mulai dari Hyundqi Kona, Hyunda Tucson dan Hyundai Santa Fe. Penggunaannya pun variatif mulai dari lampu DRL, lampu utama, lampu belakang dan kombinasi lainnya.

Lantas, mengapa LED dinilai sebagai sesuatu yang umum dan dapat ditemui pada mobil mobil masa kini? Berikut alasannya.

1. Hemat Daya

LED dikenal sebagai sumber cahaya yang hemat daya. Tak hanya di lampu mobil, bahkan penggunaannya di rumah juga terlihat dimana LED memakan daya yang jauh lebih sedikit.

2. Tahan Lama

LED memiliki daya tahan yang lama dibandingkan dengan bohlam halogen biasa. Jika rata-rata usia bohlam halogen adalah 1.000 jam, LED bisa bertahan hingga 15.000 jam. Dengan kata lain, LED memiliki usia hingga belasan tahun atau bahkan lebih.

3. Daya Pandang Lebih Baik

Lampu LED memberikan daya pandang yang lebih baik dari bohlam halogen biasa. Cahayanya cukup untuk malam hari dan tidak menyilaukan pengendara arah berlawanan.

4. Keselamatan

Seperti yang tadi sudah disebutkan, lampu LED langsung mencapai keterangan maksimal secara instan. Dengan begitu, jika kita melakukan pengereman, maka pengemudi di belakang bisa bereaksi lebih cepat karena lampu belakang yang sudah LED langsung memancarkan keterangan maksimal secara sekejap.

5. Tampilan

Lampu LED memberikan tampilan modern yang sangat kuat. Di masa kota dan lampu dipenuhi oleh warna putih dan biru, LED terlihat mengikuti tren dibandingkan halogen kekuningan yang mulai memudar popularitasnya.

Nah Hyundai Lovers, begitulah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh lampu LED. Memang LED kini belum digunakan 100%. Namun, seiring berjalannya zaman dan berkembangnya teknologi, kita bisa lampu ini ada dimana-mana.