03 September 2020 12:33 WIB

Cegah Mobil Meluncur Ke Belakang

Berkendara di pegunungan mungkin menjadi sesuatu yang menantang bagi sebagian orang. Terutama bagi mereka yang mungkin baru saja bisa membawa mobil dan baru pertama kali mengemudi ke area pegunungan ataupun area yang penuh jalanan menanjak.

Mengapa menantang? Karena tanjakkan membuat mobil sulit bergerak maju, bahkan seringkali mundur jika rem tidak diaplikasikan. Hal ini tentunya cukup menakutkan bagi pengemudi pemula, bahkan bisa-bisa menimbulkan trauma.

Untuk itu, ada teknologi bernama Hill Start Assist (HSA). Teknologi ini dapat ditemui pada Hyundai Kona, sebuah Crossover yang cocok bagi anak muda karena desainnya yang kekinian dan tentunya memiliki beragam fitur untuk membantu pengemudi baru.

Cara kerjanya tidak ribet. Jika diaktifkan, Hill Start Assist akan membantu mengaplikasikan rem ketika mobil mau bergerak dari posisi diam saat berada di tanjakan. Jadi, ketika kita melepas rem untuk menginjak gas, mobil tidak akan meluncur ke belakang.

Dengan fitur ini, rasanya seperti melaju dari permukaan yang datar, hanya saja pasti terasa sedikit lebih berat karena adanya gravitasi yang menahan kita untuk melaju di jalan tanjakkan.

Pengemudi yang terbilang baru pun tidak perlu panik menahan rem dan gas ataupun memainkan rem tangan layaknya mobil yang tidak dilengkapi oleh Hill Start Assist. Pengemudi tersebut juga tidak perlu merasakan kepanikan ketika hendak maju tetapi malah mundur karena jalanan yang menanjak.

 

Share