01 November 2023 09:50 WIB

Mengapa Kaca Depan Mobil Menggunakan Kaca Laminated?

Kaca adalah benda yang terlihat biasa saja, namun sebenarnya memiliki perkembangan yang cukup tinggi dengan berbagai jenis dan model. Selain kaca biasa, ada beberapa kaca yang umum digunakan, utamanya kaca laminated dan tempered.

Kaca tempered dikenal sebagai kaca yang sangat kuat, bahkan sulit dipecahkan dengan palu. Kaca tempered sendiri umum digunakan pada kaca mobil bagian samping dan belakang.

Sementara pada kaca depan, menggunakan kaca model laminated yang secara kekuatan sebenarnya kalah dengan kaca tempered. Lantas mengapa kaca ini yang digunakan untuk kaca depan mobil Hyundai?

Baca juga: Membuka Kaca Mobil Belum Tentu Lebih Irit

Pembeda utama dari kaca laminated adalah efek keamanan ketika pecah, misalnya saat terjadi kecelakaan. Kaca ini dibuat dengan menempelkan 2 lapisan kaca. Lapisan tersebut ditempel dengan lapisan polimer yang tipis, biasanya adalah polyvinyl butyral (PVB), ethylene-vinyl acetate (EVA), atau Thermoplastic Polyurethane (TPU).

Karena pelapis ini, ketika terjadi kerusakan pada kaca, maka tidak akan langsung pecah berkeping-keping, melainkan akan retak seperti jaring laba-laba.

Mengapa kaca ini dipilih untuk kaca depan? Karena, ketika berkendara, misalnya di tol, mobil seringkali terkena kerikil. Pada kaca jenis lain, kerikil bisa dengan cepat memecahkan kaca. Namun untuk kaca laminated, kerikil memang bisa membuat retak, namun lebih aman dan tidak sampai pecah, karena lapisan polimer tersebut.

Sehingga dalam keadaan darurat dan harus memecahkan kaca, jangan mencoba memecahkan kaca depan karena sangat sulit. Pecahkanlah kaca samping atau belakang yang terbuat dari kaca tempered yang bisa pecah dengan titik tekanan tinggi.

Karena itulah pada mobil seperti pada mobil Hyundai Stargazer hingga Hyundai Palisade sudah menggunakan kaca model laminated pada bagian depannya dan tempered pada bagian samping untuk keamanan.