23 December 2020 11:03 WIB

Rear Cross-Traffic Collision Warning: Fitur Hyundai Palisade Cegah Tabrakan

Mundur untuk keluar dari parkir mungkin merupakan sebuah pekerjaan mudah yang menantang di saat bersamaan. Apalagi di kondisi jalan ramai tanpa tukang parkir. Hal ini menjadi menantang karena sulit untuk melihat lalu lintas yang hendak melintas secara pengemudi duduk jauh dari jalanan sehingga visibilitasnya terbatas.

Karena itu, tak jarang terjadi tabrakan saat hendak keluar parkir karena pengemudi yang hendak keluar parkir tidak melihat mobil yang melaju. Dan ketika terlihat, seringkali sudah terlambat untuk mengerem.

Untuk mencegah hal tersebut, maka diciptakanlah fitur RCCW atau Rear Cross-Traffic Collision Warning yang dapat ditemui pada Hyundai Palisade.

Fitur ini bekerja dengan beberapa sensor yang ditempatkan pada sisi ujung belakang mobil yang memonitor pergerakan lalu lintas dan objek sekitar mobil ketika mobil dimundurkan.

Ketika ada objek seperti mobil yang dideteksi akan melintas, maka sistem akan memperingatkan pengemudi untuk berhati-hati atau berhenti untuk mencegah tabrakan. Dengan demikian, tabrakan bisa dihindari.

Meskipun fitur ini sangat bermanfaat. Tetapi pengemudilah yang mengambil keputusan akhir. Apalagi, sistem ini tidaklah sempurna. Bila ada objek yang menghalangi sensor, maka akan sulit bagi sistem untuk mendeteksi objek yang akan datang dan melintas.