27 September 2020 14:57 WIB

Salah Kaprah Lampu Hazard Saat Hujan

Kalender sudah menunjukkan bulan September. Biasanya, ketika berada di bulan berakhiran “ber”, tandanya sudah berada di bulan musim penghujan. Dengan demikian, segala aktivitas dan mobilitas pun harus ikut menyesuaikan mengikuti musim dan cuaca.

Demikian juga dengan mengemudi yang akan sangat berbeda pada saat hujan, dibandingkan dengan saat cerah. Untuk itu, ada beberapa tips untuk berkendara di tengah hujan.

1. Kurangi Kecepatan

Jangan ngebut saat hujan meskipun kita andal dalam mengemudi. Saat hujan, permukaan jalan lebih sulit diprediksi. Dan bila lebat, jarak pandang pun akan berkurang signifikan.

2. Cek Ban

Terdapat alur yang memanjang mengitari ban. Fungsi alur tersebut adalah memindahkan air pada permukaan jalan sehingga tidak mengurangi kontak pada ban. Bila alur tersebut tipis atau ban sudah botak, sangat beresiko terjadi aquaplaning atau mobil mengambang di atas air. Hal ini dapat mengakibatkan kecelakaan yang serius.

3. Wiper dan Kaca

Tentunya kita tidak ingin mengemudi dalam keadaan buta. Karena itu, selalu pastikan bilah wiper dalam kondisi yang prima. Selain itu, pastikan juga kaca bersih dan kalau bisa lapisi kaca dengan lapisan pelindung seperti wax atau coating agar air bisa tersapu dengan bersih.

4. Nyalakan Lampu

Ketika hujan sangat deras, menyalakan lampu merupakan opsi yang tepat. Dengan ini, pengemudi di sekitar akan tahu dimana Anda berada sehingga kecelakaan dapat terhindarkan.

5. Jangan Gunakan Hazard

Ketika mengemudi dalam kondisi hujan lebat, jangan nyalakan lampu hazard Anda. Hal ini sendiri menuai banyak perdebatan. Namun, perlu diingat bahwa lampu hazard hanya digunakan dalam keadaan darurat, bukan untuk saat hujan. Apalagi di jalan tol, lampu hazard hanya akan "menutupi" kode arah sein bagi pengemudi di belakangnya. Sebagai alternatifnya, bisa menyalakan lampu utama serta lampu kabut, dan kita tetap bisa memberitahukan arah jika ingin pindah lajur atau bahkan berbelok.  

Nah Hyundai Lovers, itulah beberapa tips berkendara di saat hujan. Yang penting, utamakan keselamatan saat berkendara, bukan kecepatan.

 

 

Share