17 April 2023 12:01 WIB

Satu Tangki Hyundai Stargazer Bisa Berjalan Seberapa Jauh?

Pada masa libur lebaran, identik sekali dengan kebiasaan mudik atau pulang ke kampung halaman. Biasanya, para pelancong yang kebanyakan berada di jakarta memilih memanfaatkan waktu liburnya untuk kembali ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga. Moda transportasinya pun beragam.

Tentunya jika memiliki kendaraan pribadi, banyak yang memilih menggunakannya, apalagi bila beramai-ramai dan membawa banyak barang, Hyundai Stargazer pun bisa jadi pilihan yang tepat.

Lantas timbullah pertanyaan, seberapa jauh Hyundai Stargazer dapat berjalan dari kondisi full tank hingga 0. Jawabannya bisa bervariasi, namun PT Hyundai Mobil Indonesia bisa berikan gambarannya dengan beberapa asumsi.

Hyundai Stargazer memiliki tangki bahan bakar sebesar 40L. Hal ini belum termasuk reserve maupun lebihan dari jalur bahan bakar.

Untuk konsumsi bahan bakar, hasilnya bisa berbeda-beda karena tergantung kondisi mobil, beban mobil, kondisi jalan, hingga cara berkendara. Namun, beberapa pengujian menunjukkan Hyundai Stargazer dapat mencapai angka 15 Km/L dengan mudah. Karena itu, mari kita asumsi konsumsi rata-rata perjalanan mudik Anda dengan Hyundai Stargazer mencetak angka 15 Km/L.

Asumsi berikutnya adalah sisa bahan bakar. Tentu sangat jarang orang yang benar-benar mau menghabiskan seluruh isi tangki, maka kita anggap Anda ingin menyisakan 8 liter bahan bakar di tangki untuk berjaga-jaga, membuat kapasitas efektif 32 liter.

Dengan 32 liter bensin, maka Anda dapat menempuh jarak sejauh 480 Km. Jika ingin bensin benar-benar habis, maka Anda bisa menempuh jarak 600 Km! Figur yang impresif.

Baca juga: 8 Fitur Unggulan Hyundai Stargazer Agar Mudik Semakin Nyaman

Jika semua asumsi itu benar, maka Anda bisa menempuh perjalanan dari Jakarta hingga Semarang non-stop. Jika melihat data dari Google Maps, perjalanan dari Monas, Jakarta Pusat, menuju Simpang Lima, Semarang, akan menempuh jarak 439 Km. Sehingga, tangki BBM Hyundai Stargazer sangat cukup untuk perjalanan tersebut.

Namun ingat, perjalanan tersebut kira-kira memerlukan waktu hampir 6 jam, belum termasuk kemacetan yang biasa terjadi saat lebaran. Sehingga setiap 2 atau 3 jam, PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan untuk beristirahat ke Rest Area yang ada untuk menghindari kelelahan.