23 June 2018 03:30 WIB

Selalu Selalu Isi Penuh Bahan Bakar Kendaraan Anda Saat Pergi Jauh

Melakukan perjalanan jauh bersama keluarga atau teman memang mengasyikan. Tetapi, jangan terlena dengan suasana sehingga lupa mempersiapkan segala hal demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

Paling penting, jika pergi ke luar kota dengan jarak yang begitu jauh selalu mengisi bahan bakar minyak (BBM) dengan kondisi yang penuh. Selain bagus untuk kelangsungan tangki, maka lebih aman juga.

Maksud dari aman itu sendiri, yaitu apabila di daerah yang dilewati tidak ada pom bensin dan BBM habis masih bisa melaju lebih lama ketimbang tidak mengisi BBM penuh sejak awal berangkat.

Apalagi sekarang ini sudah banyak jalan tol baru dari Jakarta hingga ke Surabaya. Namun belum dilengkapi dengan tempat peristirahatan dan SPBU yang memadai. Sehingga banyak himbauan agar para pengendara mengisi penuh BBM mobilnya sebelum masuk tol baru ini.

Belum lagi, setiap daerah juga tidak selalu ada BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Misal, BBM jenis Pertamax atau Pertalite dan sejenisnya sedang kosong, maka masih bisa mencari ke SPBU selanjutnya.

Intinya, akan lebih nyaman dan aman jika selalu mengisi BBM penuh ketimbang setengah-setengah. Jarak tempuh yang dicapai lebih jauh, dan juga bisa menghemat waktu berkendara ke tempat tujuan.

Sebab, jika tidak diisi penuh akan sering mengisi BBM dan paling tidak memakan waktu 5-10 menit untuk mengisi BBM, tergantung dari kosong atau penuhnya antrian di SPBU tersebut.