28 November 2023 09:27 WIB

Sensor TPMS Hyundai Bisa Dipindahkan

PT Hyundai Mobil Indonesia memang menghadirkan mobil yang serba praktis dan canggih, salah satunya adanya fitur Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) pada hampir seluruh lini mobil PT Hyundai Mobil Indonesia.

Namun hal ini seringkali menjadi polemik, utamanya ketika melakukan penggantian velg. Dimana jika sensor TPMS tidak dipasang, maka akan menyebabkan lampu peringatan ban kempis muncul pada cluster dan tentu tekanan ban tidak bisa terbaca.

Apa solusi dari masalah ini? Ternyata mudah, karena sensor TPMS bisa dipindahkan.

Sensor TPMS memiliki wujud sebagai pentil ban. Sehingga jika ingin mengganti velg, sebaiknya menggunakan pentil bawaan mobil agar fitur TPMS tetap aktif.

Baca juga: Ganti Ban? Jangan Salah Letakkan Pentil Ban TPMS!

Selain itu harus mengingat kecanggihan dari sistem TPMS ini, karena setiap sensor memiliki sistem IP yang menyebabkan lokasi sensor harus benar, misalnya harus tetap di roda depan kanan. Jika tidak, tentu sistem akan memberikan informasi lokasi yang salah.

Sensor ini sendiri aman, karena hanya bisa aktif pada mobil yang dipasangkan karena adanya sistem alamat IP. Sehingga tidak ada alasan untuk dicuri karena tidak berguna pada mobil lain, bahkan tipe yang sama.