09 October 2023 12:08 WIB

5 Penyebab Utama Mobil Susah Di-Spooring

Spooring adalah salah satu perawatan mobil yang tidak kalah penting. Meski tidak memiliki tenggat waktu, spooring dapat berdampak kepada rasa berkendara mobil, serta dalam masalah keawetan ban.

Namun terkadang ada istilah mobil susah di-spooring. Istilah ini adalah untuk mobil yang setirnya tidak mau juga lurus meski sudah diatur berkali-kali. Penyebabnya? Ternyata ada beberapa penyebab umumnya:

1. Steering Rack

Steering rack bisa saja jadi penyebab mobil susah lurus. Steering rack bisa saja mengalami kerusakan sehingga kendor. Pada kondisi sederhananya, ada grommet pada steering rack yang kendor sehingga steering rack bisa bergerak, menyebabkan setir susah lurus.

2. CV Joint

CV joint bisa menyebabkan masalah alignment, namun tidak masif. Biasanya, CV joint yang bermasalah lebih menyebabkan kemudi tidak enak dan tidak halus. Seringkali setir menjadi sedikit miring karena masalah ini.

3. Kaki-Kaki

Kondisi kaki-kaki seperti tie rod, arm, dan lainnya dapat menyebabkan mobil susah di-spooring. Misalnya bushing yang kendor menyebabkan ada pergeseran dalam geometri kaki-kaki sehingga setir tidak lurus.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Melakukan Spooring?

4. Shock Breaker

Shock breaker juga bisa menyebabkan mobil susah untuk lurus. Hal ini karena ada perbedaan kekerasan suspensi yang berdampak juga pada daya cengkeram ban sampai geometri suspensi. Hasilnya mobil jadi sulit untuk lurus.

5. Bekas Tabrak

Salah satu kasus paling parah adalah mobil bekas tabrak. Bila tabrakannya cukup parah dan tidak diperbaiki dengan benar, maka geometri kaki-kaki akan berubah signifikan. Hal ini akan menyebabkan mobil sulit atau bahkan tidak bisa di-spooring karena ada pergeseran pada kaki-kakinya.

Itulah 5 penyebab utama mobil sulit di-spooring. Jika ada masalah pada kaki-kaki mobil, tentu sebaiknya diganti di jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia.

Jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia menawarkan produk asli bergaransi dengan daya tahan terbaik. Selain itu, pemasangan juga dilakukan dengan tepat untuk rasa berkendara terbaik.

Lakukanlah Booking Service di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.