29 June 2021 12:00 WIB

Amankah Membiarkan BBM Di Tangki Pada Waktu Lama?

Pernahkah Hyundai Lovers memutuskan untuk tidak menggunakan mobil dalam waktu yang lama? Misalnya saat ingin menggunakan kendaraan umum karena parkiran kantor yang kecil, atau karena kantor menerapkan kebijakan WFH sehingga Anda tidak perlu keluar rumah.

Tentu pernah mengalami situasi ini ya Hyundai Lovers? Yang sering menjadi pertanyaan adalah, amankah membiarkan bahan bakar di tangki mobil dalam waktu lama?

Hal ini sering ditanyakan karena banyak yang mengatakan bahan bakar bisa “basi” jika lama tidak digunakan.

Sayangnya, hal ini cukup benar. Karena, bahan bakar setelah 6 bulan dibiarkan, akan mengalami proses oksidasi dengan udara. Hal ini bisa menurunkan kualitasnya. Tetapi, memang tetap bisa dipakai.

Masalah lainnya adalah ketika bahan bakar dibiarkan begitu saja, maka akan menimbulkan endapan pada bagian bawah tangki. Hal ini bisa menimbulkan kerak yang kemudian bisa merusak tangki bahan bakar.

Kerak ini juga bisa menyumbat sistem suplai bahan bakar. Sehingga, bisa menimbulkan kerusakan.

Untuk itu, sangat disarankan untuk menggunakan mobil dan tidak membiarkan bahan bakar di dalam tangki untuk jangka waktu panjang. Jika memerlukan pembersihan atau kuras, maka bengkel resmi Hyundai siap melakukannya.