29 July 2022 11:45 WIB

Awas, Ada Bahaya Yang Mengintai Dari Knalpot Bocor

Knalpot pada mobil termasuk mobil mesin pembakaran internal Hyundai bisa saja bocor. Ada beberapa penyebab, salah satu yang paling umum adalah pipa knalpot mentok dengan suatu permukaan keras sehingga berlubang dan bocor.

Beberapa orang mungkin mengulur waktu untuk memperbaikinya karena beberapa alasan, misalnya karena suara mesin menjadi lebih menggelegar. Tetapi, ada bahaya tersembunyi yang mengintai saat knalpot bocor.

Baca juga: Bisakah Mesin Diesel Hyundai Tenggak Solar ‘Goceng’?

Bahaya tersebut adalah gas buang yang masuk ke kabin. Knalpot sengaja memiliki jalur yang dibuang pada area belakang agar gas buang menjauh dari kabin. Ketika bocor, misalnya di tengah, potensi gas buang masuk ke kabin sangatlah tinggi.

Masalah utamanya adalah gas buang dari mobil bisa jadi tidak berbau, terutama kandungan karbon monoksida yang mematikan. Kandungan karbon monoksida tidak berbau dan dapat membuat seseorang ‘keracunan gas karbon monoksida’.

Biasanya ketika terpapar terlalu banyak gas karbon monoksida, maka Anda bisa saja merasakan pusing, mual, hingga menjadi pelupa.

Karena bahaya tersembunyi yang tidak kasat mata dan tidak berbau tersebutlah, PT Hyundai Mobil Indonesia sangat menyarankan untuk melakukan perbaikan pipa knalpot bila terjadi kebocoran.

Anda bisa juga melakukan booking untuk perbaikan melalui laman Booking Service pada https://hyundaimobil.co.id/booking-service