16 October 2023 14:49 WIB

Berapa Maksimal Tambalan Pada Ban?

Ban mobil seringkali terkena objek asing di jalan, entah yang ditebarkan secara sengaja maupun tidak sengaja, misalnya paku dan baut. Ketika bocor, tentu tambal ban adalah solusi termudah dan paling terjangkau.

Namun pada sebuah ban mobil, berapakah maksimal tambalan yang diperbolehkan?

Umumnya, 4 adalah maksimal tambalan yang bisa dimiliki oleh sebuah ban mobil. Jika lebih? Sebenarnya masih boleh saja, namun performa serta integritas dari ban sering menjadi pertimbangan utama.

Selain integritas, potensi terjadinya bocor halus juga semakin besar. Jika terlalu banyak tambalan, ban mungkin akan lebih cepat kempis.

Jumlah tambalan bukan hanya masalah satu-satunya, jarak serta ukuran tambalan juga harus diperhatikan. Bila ada 2 tambalan atau lebih yang berdekatan, hal ini berpotensi bahaya untuk ban karena kekuatannya berkurang.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Melakukan Spooring?

Lubang yang terlalu besar juga belum tentu bisa ditambal. Malah bila terlalu besar, jaringan kawat dari ban bisa mengalami kerusakan dan merusak struktur ban.

Dapat disimpulkan bahwa bila ban pada mobil Hyundai kesayangan Anda memiliki jumlah tambalan berlebih, ada lubang besar, atau bahkan sobek, maka sebaiknya segera diganti dengan ban baru.

Ban baru akan memberikan performa dan daya tahan maksimal, serta menghindari resiko pecah ban di perjalanan.