14 October 2020 08:34 WIB

Berbahaya Menempatkan Benda Di Area Air Bag dan Pedal Gas/Rem

 

Kita semua suka personalisasi pada objek yang kita miliki, apalagi bila sifatnya memiliki 2 fungsi yakni visual dan fungsional. Terutama di mobil, pasti ada saja aksesori atau benda lainnya yang kita letakkan di dalam mobil untuk meningkatkan kenyamanan maupun untuk menaikkan citra visual pada mobil.

Tetapi, jangan asal meletakkan benda loh. Pasalnya, benda di interior yang sembarangan diletakkan bisa membahayakan.

Bagaimana contohnya? Sederhana saja, pertama, jangan pernah meletakkan benda apapun apalagi benda keras di bagian dasbor yang memiliki air bag. Sayangnya, hal ini cukup marak terjadi seperti penempatan benda/pajangan di area yang seharusnya steril.

Hal ini bisa menjadi berbahaya karena ketika terjadi kecelakaan, air bag yang mengembang bisa melontarkan benda tersebut ke wajah kita. Pastinya, tidak mau dong terkena benda keras, tepat di wajah ketika terjadi tabrakan? Tentunya fatal bila benar terjadi.

Selain itu, meletakkan benda di interior juga jangan sampai menghalangi pandangan. Meletakkan kotak tisu misalnya, boleh-boleh saja, tetapi jangan sampai menghalangi pandangan pengemudi dengan menempatkannya di atas dasbor, tepat di depan pengemudi.

Meletakkannya di depan spidometer pun juga sangat tidak direkomendasikan karena pengemudi pun tidak bisa melihat informasi pada kendaraan karena pandangannya ke speedometer pun tertutup. Bahkan bayangannya (refleksi) muncul di kaca depan sehingga mengganggu visibilitas.

Selain dasbor, lantai juga bisa menjadi tempat yang cukup berbahaya untuk meletakkan barang. Karena gerakan pada mobil ketika bergerak, benda yang ada di lantai seperti botol minum misalnya bisa saja bergerak mengarah ke pedal dan bisa-bisa mengganjal pedal. Hal ini akan berakibat fatal karena pengemudi pun akan kehilangan sebagian kontrol dari mobil, apalagi kalau mengganjal pedal rem.

Penting hal ini bagi wanita yang suka melepas sepatunya diganti dengan sendal. Dan seatunya itu ditaruh di area bawah dekat kaki.

Tempat teraman meletakan barang sebenarnya di area yang sepantasnya, misal saja glove box ataupun cup holder. Pada Hyundai Santa Fe, glove box nya cukup besar sehingga tidak akan menjadi masalah untuk meletakkan kotak tisu. Minuman pun akan tetap terjaga pada cup holder yang tersebar di dalam kabin.

 

Share