03 July 2019 05:00 WIB

Bersihkan Kabin Mobil Pasca Liburan

Setelah puas liburan panjang seperti mudik ke kampung halaman dengan menggunakan mobil kesayangan, tentu akan ada banyak sisa-sisa makanan atau kotoran yang bersarang di kabin mobil. Hal ini memang wajar karena Anda berada di mobil dalam waktu yang cukup lama. Kalau sudah begitu solusi terbaik setelah pasca liburan adalah dengan membersihkan kabin mobil tentunya. 

Ini bertujuan demi bikin kabin mobil Anda kembali nyaman, apalagi kalau mobilnya langsung dipakai untuk aktifitas sehari-hari. Tentunya dengan membersihkan kabin supaya nyaman, juga mencegah kuman penyakit bersarang. Lebih fokus lagi coba incar titik-titik yang tersembunyi.

Di lokasi tersembunyi itu, suka banyak kotoran atau debu yang tersimpan. Umumnya di area seputar kaki pengendara. Cara dan alat membersihkannya mudah didapat kok, selain itu juga murah. Oh iya, saat melakukan pembersihan, sebaikanya menggunakan masker, supaya kotoran tidak terhirup.

Berikut titik-titik penyimpan kotoran dan debu itu :


1. Konsol di door trim
Lokasi paling sering dilupakan. Biasanya, pada konsol ini tersimpan berbagai brosur dan kertas. Jika dibiarkan, kotoran debu akan mudah menempel. Membersihkannya mudah, cukup pakai lap yang lembab saja. Untuk menjangkau sudut yang dalam, gunakan obeng (-) yang dibalut dengan kain lembab.

2. Perhatikan lokasi di seputar kaki pengendara dan penumpang depan
Jangan hanya terpaku pada kebersihan karpet saja. Coba angkat sedikit karpet, biasanya kotoran berupa debu atau pasir bersemayam di balik karpet. Membersihkannya, bisa pakai lap lembab atau sapu kecil.

3. Kolong jok
Menjadi lokasi yang kerap dilupakan. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang agak sulit dijangkau. Padahal membersihkannya terbilang mudah, namun butuh pengorbanan. Di lokasi ini biasa ‘berkumpul' debu, perabotan anak-anak, bahkan remah makanan. Untuk membersihkannya, cukup memajukan jok sampai paling depan.

Jika pakai karpet kain, bisa gunakan sapu kecil. Namun kalau pakai karpet vinyl, cukup lap lembab saja. Bagi kendaraan yang memiliki rel pada jok baris kedua, seperti Hyundai H-1, wajib perhatikan seputar rel. Biasanya di lokasi tersebut ‘tersimpan' remah makanan. Karena lokasi yang agak sempit, kerap tidak sampai tersedot vacuum cleaner. Sebagai gantinya, manfaatkan kuas, sikat kecil atau sapu untuk mengangkat kotoran tersebut.

4. Penjepit karet atau karpet
Biasanya menjadi sarang kotoran. Titiknya yakni di seputar baut atau juga batas antara penjepit dengan karet atau karpet. Seringnya terinjak, menjadikan pasir kerap dijumpai pada lokasi ini. Membersihkannya? Cukup pakai sapu