02 January 2019 04:45 WIB

Cara Antisipasi Pecah Ban Ketika Mobil Melaju Kencang

Pengemudi atau sopir kendaraan roda empat atau lebih wajib paham mengenai teknik bagaimana antisipasi ketika pecah ban dalam kondisi mobil melaju kencang. Sebab, kejadian itu bisa terjadi kapan dan di mana saja secara tiba-tiba.

Paling utama adalah jangan panik dan usahakan bisa mengendalikan mobil dalam kondisi normal. Apabila pecah ban, langsung ambil sikap melakukan pengereman, tetapi jangan secara mendadak atau langsung menginjak pedal rem.

Kalau seperti itu, kemungkinan mobil terguling cukup besar, karena dengan direm secara hard braking seperti itu maka keseimbangan mobil menjadi sulit untuk dijaga atau dikendalikan.

Sebaiknya, lakukan pengereman dengan bantuan engine brake. Caranya menurunkan posisi perseneling. Misal sedang berada di gigi empat bisa diturunkan ke tiga, agar laju mobil sedikit tertahan.

Dengan bantuan engine brake itu, laju mobil bisa lebih mudah dikendalikan. Sehingga, tidak akan terguling meskipun sedang melaju kencang.

Setelah itu, para pengemudi langsung membawa mobil tersebut ke tepi jalan yang sekitanya aman dari kendaraan lain di sekitar lokasi kejadian.

Ingat, paling penting jangan langsung mengambil langkah mengerem mendadak. Biarkan mobil berjalan dan kendalikan kemudi seperti biasa agar mobil tidak melaju ke kanan atau ke kiri yang bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.