21 July 2022 09:41 WIB

Cara Gunakan Wiper Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Semua mobil tentunya memiliki wiper bila memiliki kaca depan. Pastinya Hyundai Lovers sudah familiar dengan wiper yang menyeka air ketika hujan agar bisa melihat dengan lebih jelas.

Namun, beberapa mungkin tidak tahu akan gunanya fitur intermittent wiper, misalnya yang ada pada mobil-mobil Hyundai seperti Hyundai Creta.

Baca juga: Penyebab Kaca Berembun Dan Solusi Menghilangkannya

Mode intermittent pada wiper adalah mode dimana ada jeda antar gerakan wiper. Biasanya mode ini digunakan ketika sedang gerimis sehingga mencegah wiper menyeka kaca yang kering yang bisa saja menyebabkan baret pada kaca.

Pada model yang dijual PT Hyundai Mobil Indonesia, misalnya Hyundai Creta, fitur intermittent tersebut memiliki pengaturan lagi supaya lebih spesifik. Sehingga, jeda waktu antar sekaan kaca bisa diperpanjang, atau diperpendek sehingga lebih mendekati kecepatan low.

Caranya? Ada sebuah tuas dengan 5 kotak putih di tuas wiper. Pada posisi paling atas dengan garis tebal, maka durasi antar sekaan akan semakin panjang, begitupun sebaliknya. Sehingga, jika intensitas hujan semakin kencang tetapi belum cukup untuk sampai kecepatan low, bisa dikurangi jedanya.

Selain itu, jika hanya ingin menyeka sekali saja, bisa menaikkan tuas ke atas untuk mode Mist dimana wiper akan menyala sekali. Semoga informasi ini bermanfaat!