16 September 2021 09:54 WIB

Cegah Pegal Mengemudi Dengan Cara Mudah

Mengemudi bisa jadi melelahkan, terutama rasa pegal seringkali muncul bila sudah mengemudi dalam waktu lama. Padahal hal ini penyebabnya simpel, yaitu posisi duduk.

Posisi duduk yang tidak tepat akan menarik tubuh dan membuat otot jadi tegang. Ketegangan otot inilah yang bisa membuat badan cepat pegal, atau bahkan sakit, bahkan ketika mobil Hyundai yang digunakan sejatinya sudah sangat nyaman dari suspensi maupun joknya.

Sehingga, ada beberapa cara untuk mencegah pegal, utamanya dalam mengatur posisi duduk.

1. Punggung

Pada saat mengemudi, sebaiknya punggung menempel pada senderan jok. Selain itu, posisi jok yang cukup ergonomis adalah pada sudut 100 derajat. Posisi ini cukup tegak untuk konsentrasi, namun tidak terlalu tegak yang bisa membuat pegal.

2. Posisi Tangan

Ketika mengemudi, tangan sebaiknya berada pada posisi jam 3 dan 9. Untuk mengetahui jarak yang pas, taruhlah tangan di atas setir lalu duduk pada posisi ergonomis. Pada posisi tangan di atas kemudi, pastikan tangan tidak lurus, namun sedikit menekuk pada bagian siku. Ini dinilai sebagai posisi yang tidak terlalu jauh maupun terlalu dekat.

3. Posisi Kaki Pada Pedal

Posisi kaki saat menginjak pedal secara penuh sebaiknya tidak sampai lurus, pastikan kaki masih menekuk sedikit pada lutut ketika menginjak pedal sampai dalam. Hal ini untuk mencegah kaki terlalu tertarik, serta ketika terjadi kecelakaan, kaki tidak terdorong sampai ke pangkal paha bila terjadi deformasi saat tabrakan pada kecepatan tinggi. Tapi, pastikan lutut juga tidak terlalu tertekuk.

4. Tinggi Kursi

Pada saat mengatur tinggi, pastikan tinggi kursi, pinggul, dan lutut sejajar. Jika pinggul lebih rendah dari lutut, peredaran darah pada kaki bisa jadi tidak lancar.

Dengan mengatur bangku pada posisi yang benar, maka Hyundai Lovers bisa mengurangi atau menghilangkan rasa pegal ketika mengemudi. Tentunya jika rasa pegal dan lelah datang, maka beristirahatlah, jangan terburu-buru untuk tiba di tujuan.