24 August 2020 07:57 WIB

Duet Suspensi Macpherson + Multilink Makin Aman Dan Nyaman

Suspensi merupakan salah satu komponen yang bekerja paling keras pada mobil. Dirinya terkena berbagai lonjakan di jalan yang secara langsung menyiksanya. Suspensi sendiri memiliki beberapa varian, diantaranya adalah MacPherson dan Multilink seperti yang dapat ditemui pada Hyundai Tucson. 

Lalu, mengapa kedua suspensi ini dipilih untuk menopang Hyundai Tucson? Mari kita cari kulik.

Pertama adalah suspensi MacPherson. Suspensi ini sangat umum ditemui dan memang sudah beredar lama. Diciptakan pada tahun 1946 oleh Earle S. MacPherson.

McPherson Strut: Suspensi yang dapat ditemukan pada bagian depan Hyundai Tucson

Dilihat dari konstruksinya, suspensi independen ini sebenarnya cukup sederhana yang mengacu pada bentuk dasar segitiga. Selain rangkaian shockbreaker yang dikelilingi per, terdapat juga komponen penunjang lainnya seperti control arm untuk menjaga kestabilan.

Desain suspensi ini rupanya tidak hanya menjaga kestabilan mobil sehingga lebih nikmat dikendarai, ternyata beberapa hasil menunjukkan bahwa suspensi ini membantu memberi struktur pada mobil sehingga lebih aman ketika terjadi kecelakaan, seperti tabrak depan. Suspensi ini pun dapat ditemui pada bagian depan Hyundai Tucson.

Kemudian beralih ke belakang dimana kita akan menemui suspensi Multilink. Sesuai namanya, suspensi ini memiliki berbagai titik dan lengan sehingga lebih fleksibel untuk diatur. Suspensi ini memang lebih kompleks, tetapi menawarkan kenyamanan yang lebih, terutama ketika melewati jalanan yang jelek karena gerakannya yang independen.

Multilink: Suspensi yang menawarkan performa lebih, dapat ditemui pada bagian belakang Hyundai Tucson

Selain itu, tapak ban ke jalan akan maksimal karena geometri dari suspensi ini yang tidak berubah-ubah ketika tertekan atau digunakan secara ekstrem, menambah aspek pengendalian.

Selain itu, suspensi Multilink juga lebih hemat ruang. Dengan demikian, maka ruang bagasi bisa dimaksimalkan karena tidak termakan oleh konstruksi suspensi.

Akibat kombinasi kedua suspensi itu, Hyundai Tucson pun mendapatkan performa pengendaliannya yang khas, serta kenyamanannya yang cocok untuk keluarga.

Berkendara dengan Tucson menjadi lebih nyaman karena kombinasi suspensi McPherson dan Multilink-nya.