04 July 2023 08:26 WIB

Ini Cara Bedakan Oli KM Tinggi Dan Oli Usia Tinggi

Anda mungkin hendak mengecek kondisi mobil Anda atau membantu seseorang mengecek mobil bekas yang hendak dicek.

Namun kita belum tentu tahu 100% sejarah atau latar belakang dari mobil tersebut, seperti service record, salah satunya adalah oli.

Beberapa orang jarang melakukan penggantian oli dengan dalih “mobil jarang digunakan”. Adakah cara mengeceknya? Ternyata ada karena ada perbedaan antara oli dengan KM tinggi dengan oli KM rendah namun lama tidak diganti maupun oli baru:

1. Warna

Warna oli yang digunakan selama ribuan KM pastinya berbeda. Oli KM tinggi cenderung lebih gelap dan hitam, sementara oli yang hanya diam cenderung lebih kuning dan transparan. Oli baru tentunya masih kuning keemasan dan cenderung transparan.

2. Kekentalan

Oli yang sudah lama dipakai maupun yang mengendap lama dalam mobil cenderung lebih kental karena formula dari oli yang mengalami perubahan. Sedangan oli yang masih baru biasanya lebih encer.

Baca juga: Seberapa Panjangkah Sebenarnya Umur Oli Mesin?

Itulah 2 perbedaan utama untuk melihat kondisi oli pada mesin. Untuk penggantian oli pada mobil Hyundai, sebaiknya dilakukan secara berkala di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Apalagi bengkel resmi sudah memiliki paket servis untuk mobil Anda.

Untuk menghemat waktu, lakukanlah Booking Servis di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.