31 March 2023 10:10 WIB

Kapan Sebaiknya Ganti Oli Transmisi IVT Hyundai?

Hyundai Stargazer dan Hyundai Creta selain memiliki kesamaan mesin, juga memiliki kesamaan transmisi, yaitu transmisi IVT alias Intelligent Variable Transmission. Berbeda dari transmisi yang menggunakan gigi, transmisi IVT menggunakan belt atau sabuk baja untuk mengatur rasionya.

Lantas timbul pertanyaan, “Kapan sebaiknya oli transmisi IVT diganti?” Jawabannya sederhana.

Mengacu pada manual book dari Hyundai Stargazer maupun Hyundai Creta, maka direkomendasikan untuk mengganti oli transmisi setiap 100.000 Km atau 5 tahun. Pada masa tersebut, oli transmisi sebaiknya di-flush atau kuras.

Namun hal ini bisa kembali lagi ke pemakaian. Jika mobil sering melewati medan berat, misalnya pegunungan, sering ngebut, membawa beban berat, maka sebaiknya dipercepat.

Karena, beban transmisi akan bertambah, meningkatkan suhu dan mempercepat oli transmisi menjadi kotor.

Jika mobil sering digunakan dengan berat, maka oli transmisi sebaiknya diganti dengan interval yang lebih cepat, misalnya 50.000 Km. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan permanen pada transmisi yang seringkali mahal.

Baca juga: Pindah Gigi Saat Parkir Ada Metodenya! Guna Cegah Kerusakan Transmisi

Jika perlu pengecekan atau penggantian oli transmisi? Jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia siap melayani. Lakukanlah Booking Service secara online melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service untuk menghemat waktu.