04 October 2023 16:11 WIB

Kapan Sebaiknya Melakukan Spooring?

Kapan mobil perlu melakukan spooring? Perlu dilakukan rutin agar kendali setir, kondisi ban dan kenyamanan serta keamanan mengemudi menjadi tetap terjaga. 

Spooring (tyre/wheel alignment) sendiri adalah sebuah perawatan dimana keselarasan dari suspensi mobil harus dipastikan selaras, utamanya untuk alasan kenyamanan, pengendalian, hingga agar ban tetap awet.

Kita semua perlu tahu bahwa konstruksi suspensi bisa berubah, sehingga bila tidak pas maka setir tidak akan lurus dan mobil bisa saja condong ke satu arah tertentu.

Pertanyaannya adalah, kapan sebaiknya spooring dilakukan?

Berbeda dari komponen mobil, spooring tidak memiliki tenggat waktu sendiri, tidak seperti oli yang memiliki tenggat waktu sebelum performanya menurun.

Sehingga jika mobil terasa kurang enak, misalnya setir sulit lurus atau pengendalian terasa aneh, maka ada baiknya melakukan spooring segera.

Spooring juga sebaiknya dilakukan setelah beberapa hal, misalnya melakukan penggantian suspensi. Karena penggantian suspensi dapat merubah data geometri suspensi yang menyebabkan mobil tidak lurus.

Baca juga: Hyundai Stargazer X Gunakan Velg 17 Inci Dan Ban 205/50R17

Kemudian jika mobil pernah menghantam lubang di jalan misalnya kemudian kemudi terasa aneh, spooring sebaiknya dilakukan juga untuk berjaga-jaga hantaman lubang tidak mengubah posisi kaki-kaki mobil.

Jika Hyundai Lovers mau lebih pasti, PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan untuk rutin melakukan spooring setiap 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk memastikan roda tetap selaras dan tidak menghabiskan ban.

Beberapa jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia pun menawarkan layanan spooring. Cek ketersediannya dengan menghubungi jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia terdekat melalui https://hyundaimobil.co.id/network-contact.