28 December 2023 11:49 WIB

Kenali 4 Penyebab Umum Ban Mobil Bocor

Ban bocor tentu adalah hal yang menyebalkan. Ban tentu memerlukan tekanan udara di dalamnya untuk berjalan sesuai dengan fungsinya.

Tentunya ban bocor bukan tanpa alasan, melainkan karena ada penyebabnya. PT Hyundai Mobil Indonesia pun ingin memberikan beberapa penyebab umum ban bocor sehingga Anda bisa mencegahnya:

1. Terkena Objek Tajam

Terkena objek tajam adalah salah satu penyebab paling umum, biasanya disebabkan oleh ranjau paku yang disebar oleh pihak tidak bertanggung jawab maupun oleh objek yang tercecer di jalanan.

2. Pemasangan Tidak Tepat

Ketika mengganti ban, pastikan pemasangannya tepat. Bagian dari ban dan velg harus dalam kondisi bersih untuk memastikan pemasangan sempurna tanpa kebocoran. Jika dipasang dalam kondisi tidak bersih, ada kemungkinan ban akan mengalami bocor halus di area bibirnya.

3. Ban Retak dan Berumur

Ketika ban sudah berumur dan sudah kurang layak dipakai, ban seringkali mengalami retak. Udara bisa keluar dari keretakan ini dan menyebabkan ban bocor.

4. Pentil Ban

Pentil ban yang sudah kurang baik atau kurang tepat pemasangannya bisa menyebabkan ban bocor. Apalagi pentil ban memanglah tempat keluar masuknya udara ketika memompa ban.

Itulah 4 penyebab umum ban bisa mengalami kebocoran. Jika ada ban yang terasa ganjil tekanannya, maka ada kemungkinan ban tersebut mengalami kebocoran.

Baca juga: Sensor TPMS Hyundai Bisa Dipindahkan

Untungnya pada lini mobil Hyundai terkini, kebanyakan sudah memiliki Tyre Pressure Monitoring System sehingga tidak perlu repot mengecek tekanan ban satu per satu.