05 December 2022 11:16 WIB

Lindungi 5 Komponen Utama Mesin Saat Dicuci

Ketika melakukan pencucian pada mobil, terutama pencucian lebih mendalam atau detailing, biasanya area mesin juga dibersihkan. Apalagi, area mesin biasanya cukup kotor karena jarang dibersihkan dan cukup terekspos kepada kotoran selama di jalan.

Mencuci mesin pun bisa saja dilakukan, asalnya dengan beberapa teknik seperti tidak menggunakan tekanan air yang terlalu tinggi. Kemudian, ada beberapa komponen yang sebaiknya dilindungi dan ditutup untuk mencegah kerusakan, terutama ketika mencuci dengan air mengalir seperti keran atau pressure washer:

1. Sekring

Kotak sekring bisa dibilang sebagai panel listrik utama pada mobil. Jika konslet, bisa menyebabkan masalah elektrikal yang rumit. Sebaiknya, tutupi kotak sekring dengan plastik dan dikencangkan untuk memastikannya tidak kemasukan air.

2. Alternator

Alternator memang bisa terkena air, namun tidak dalam jumlah banyak maupun dengan tekanan tinggi. Direkomendasikan juga untuk menutup alternator dengan plastik agar tidak rusak.

3. Intake

Intake atau jalur masuk udara tidak boleh kemasukan air karena bisa menyebabkan water hammer. Tutupilah lubang intake dengan plastik atau disumpal dengan kain.

4. Aki

Untuk mencegah konslet, sebaiknya tutupi juga aki. Atau agar semakin aman, cabutlah aki dari mobil.

5. Coil Pengapian

Pada mesin berbahan bakar bensin seperti Hyundai Creta, maka sebaiknya menutupi coil agar tidak basah. Coil yang terkena air terlalu banyak bisa membuatnya tidak berfungsi dengan baik.

Baca juga: Semir Ban Tidak Hanya Untuk Tampilan Semata

Itulah 5 komponen utama yang memerlukan perlindungan ketika hendak mencuci mobil. Jika Hyundai Lovers kurang yakin, PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan untuk membawa mobil Hyundai kesayangan ke tempat detailer profesional yang Anda percaya.