01 May 2024 08:00 WIB

Makna Dan Penyebab Mesin Bensin-Diesel Mengalami Lean

Mobil Hyundai yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia kini memiliki beberapa opsi penggerak atau sumber tenaga, dari mesin bensin, diesel hingga elektrik bebas emisi. Namun pada mesin bensin dan diesel, ada satu istilah yang perlu diketahui.

Pada mesin non elektrik, ada istilah yang dinamakan ‘lean’ dan ‘rich’. Penasaran apakah maksud dari istilah tersebut?

Baca juga: Mengapa Line-Up Mobil Hyundai Indonesia Menggunakan Mesin 4 Silinder?

Kedua istilah tersebut digunakan dalam konteks rasio bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Pada sebuah mesin pembakaran internal, ruang bakar memerlukan jumlah bahan bakar udara tertentu untuk beroperasi dengan baik.

“Lean” menandakan kurangnya bahan bakar pada ruang bakar ketika mesin bekerja. Sementara rich merupakan sebaliknya dimana terlalu banyak bahan bakar di dalam ruang bakar.

Kondisi mesin yang “rich” sendiri jarang terjadi, jikapun terjadi tidak ada efek yang terlalu berbahaya, hanya saja mesin mungkin akan terasa lebih boros, busi cepat kotor hingga ruang bakar kotor, kondisi “lean” jauh lebih parah dan bisa saja terjadi.

Kondisi “lean” bisa berbahaya karena bahan bakar seringkali juga jadi pelumas. Beberapa kasus mesin yang mengalami “lean” dan tidak segera diperbaiki berakibat pada kerusakan internal terutama pada piston dan katup.

Apa penyebab mesin menjadi “lean”? Ternyata ada beberapa, utamanya masalah injektor, sensor hingga fuel pump.

Untungnya pada mobil Hyundai terkini, beragam sensor terus memonitor campuran udara dan bahan bakar pada ruang bakar. Sehingga jika terjadi kendala, mesin bisa memberitahukan kepada pengemudi lewat peringatan pada dashboard.

Kondisi mobil yang rutin diservis dan dirawat pun dapat mencegah kasus mesin “lean” terjadi. Jadi jangan lupa lakukan servis rutin mobil Hyundai kesayangan Anda Hyundai Lovers!

Jika ingin melakukan servis, lakukanlah di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia yang memiliki pengalaman panjang serta pelatihan terkini. Anda dapat melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.