14 October 2023 12:41 WIB

Membuka Kaca Mobil Belum Tentu Lebih Irit

Hyundai Lovers mungkin sering mendengar agar mobil lebih irit, maka matikan AC dan buka kaca mobil.

Hal ini memang ada benarnya, karena kompresor AC memang membebani mesin sehingga bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Namun membuka kaca juga belum tentu lebih irit.

Hal ini terkait dengan aerodinamika, apalagi jika hanya 1 kaca yang terbuka, misalnya kaca pengemudi.

Ketika kaca terbuka, maka angin akan masuk ke dalam kabin. Masalahnya ketika hanya 1 kaca yang terbuka, angin tersebut tidak dapat keluar. Hal ini akan menyebabkan hambatan besar, terutama pada kecepatan tinggi karena hambatan angin jauh lebih besar di kecepatan tinggi.

Untuk itu ada triknya ketika ingin mematikan AC dan membuka kaca saja, yakni besarnya bukaan kaca dan posisi.

Baca juga: 5 Cara Cerdas Agar Hemat BBM Ala Hyundai

Pertama-tama, jangan buka kaca terlalu besar, bukalah secukupnya dimana angin bisa masuk namun tidak berlebihan.

Kedua, buka kaca belakang yang posisinya diagonal. Misalnya jika kaca pengemudi dibuka, maka buka juga kaca belakang kiri. Hal ini akan membiarkan angin keluar dan mencegah hambatan udara.

Tetapi bila Anda menggunakan lini mobil PT Hyundai Mobil Indonesia terbaru seperti Hyundai Creta, tenang saja. Karena mobil terbaru dari Hyundai memiliki efisiensi yang sangat tinggi sehingga memiliki konsumsi bahan bakar yang ekonomis, bahkan dengan AC menyala.

Penasaran? Buktikan sendiri dengan melakukan Test Drive di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia. Lakukan Booking Test Drive melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive.