13 December 2018 04:15 WIB

Memilih Pelapis Jok Untuk Mobil Kesayangan Anda

Memodifikasi mobil yang paling sering dilakukan oleh pemiliknya adalah mengganti pelapis jok. Hal ini karena jok mobil ketika diduduki tidak nyaman, ataupun karena bentuknya tidak sesuai dengan keinginan pengendara.

Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang memilih untuk mengganti pelapis jok mobilnya. Karena selain mudah, biayanya pun tergolong masih wajar. Setelah itu, dari sisi kenyamanan dan penampilan terlihat lebih bagus.

Namun perlu diingat, Anda yang punya rencana mengganti sarung jok mobil, jangan sembarangan. Agar Anda tidak menyesal lagi saat memilih jok mobil, maka sebaiknya teliti sebelum membeli. Jangan sampai setelah membeli jok mobil yang baru justru malah tidak enak lagi dipakai.

Paling utama adalah menentukan metode apa yang akan dipilih, misalnya membungkus jok, paten atau semi paten. Pastikan juga bengkel atau seat maker paham tentang masing-masing perbedaan dari ketiganya.

Kemudian adalah memilih bahan apa yang akan digunakan. Saat ini tersedia berbagai macam bahan dan juga berbagai  jenis jok kulit mobil. Setiap bahan jok sarung mobil ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Sehingga ketika memilih sarung jok kulit untuk mobil Anda sebaiknya disesuaikan dengan peruntukannya. Dan jangan lupa untuk sesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

Perlu diingat kalau harga jok kulit asli, jauh lebih mahal dari kulit sinetis. Karena kulit asli bahan dasarnya adalah kulit hewan. Sedangkan kulit sintetis, bahan dasarnya adalah PVC (Poly Vynil Chloride) dan ada yang berbahan dasar PU (Poly Urethane).

Jika dilhat, dari tampak depan memang cenderung sama antara kulit asli dengan sintetis. Tetapi jika dibalik, Anda bisa lihat perbedaan signifikan karena kulit asli memiliki tekstur beludru yang cukup kasar. Nah, kalau kulit sintetis, ada serat berwarna putih dan biasanya ada merk pembuatnya.

Kelebihan kulit sintetis adalah variasi warna yang lebih banyak dari kulit asli. Namun untuk daya tahan, kulit asli bisa tahan lebih lama daripada kulit sintetis. Biasanya jok kulit asli dapat bertahan 5-10 tahun, sedangkan jok kulit sintetis hanya bertahan 3-4 tahun. Tapi semua ini tergantung pada perawatannya.

Setelah itu, berarti saatnya untuk memilih warna serta polanya. Jangan lupa yang paling krusial adalah memilih bengkel atau seat maker yang jempolan. Jangan sekedar tergiur harga murah saja, tapi kualitasnya tidak terjamin. Perhatikan cara kerja bengkel tersebut. Gunanya agar tidak terjadi miskomunikasi. Sebab, tidak sedikit terjadi salah paham ketika memodifikasi jok.

Nah, kalau mau beli mobil baru yang sudah dilengkapi dengan jok kulit sebagai bawaan standarnya, bisa pilih Hyundai Tucson atau Hyundai Santa Fe.