05 November 2020 05:00 WIB

Mendadak Pecah Ban? Jangan Panik, Lakukanlah 4 Hal Ini

Pecah ban, hal ini bisa terjadi pada siapapun tanpa kita ketahui kapan bisa terjadi. Hal ini bisa terjadi saat perjalanan ke kantor, atau ketika sedang menuju kampung halaman. Intinya, kita harus siap jika hal ini terjadi.

Tentunya pecah ban sendiri terjadi karena beberapa faktor. Misalnya usia ban yang sudah terlalu tua sehingga komponen ban sudah tidak dalam kondisi yang ideal.

Selain itu, pecah ban juga bisa terjadi karena ban terlalu terbebani oleh muatan yang berlebihan, ban akan sangat tertekan. Jika hal tersebut digabungkan dengan pengendaraan di kecepatan tinggi, ban akan mengalami suhu yang sangat tinggi sehingga sangat berpotensi mengalami pecah ban.

Memang pada ban baru, sehat, dan berkontruksi modern, pecah ban sangat minim terjadi. Namun, apa yang harus dilakukan ketika mendadak mengalami pecah ban?

1. Jangan Panik

Ketika ban pecah, tentunya anda bisa terkaget karena suaranya dan mobil yang mendadak beraksi berbeda. Untuk itu, sebisa mungkin jangan panik dan tetaplah berfokus pada keadan sekitar dan segera memindahkan mobil ke tempat aman. Peganglah kemudi dengan kedua tangan untuk mendapatkan kontrol maksimal.

2. Jangan Rem Mendadak

Pengereman mendadak akan membuat mobil menjadi sangat tidak stabil, sebisa mungkin hentikanlah kendaraan secara pelan-pelan dan gradual. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan mobil. Selain itu, jangan langsung melepas gas, lepaslah gas secara perlahan sampai kecepatan sudah cukup rendah. Bahkan, terkadang diperlukan untuk menginjak sedikit gas untuk menjaga momentum.

3. Usahakan Mobil Tetap Lurus

Ketika ban pecah, mobil akan cenderung berbelok ke arah ban yang mengalami pecah. Untuk itu, usahakanlah untuk menjaga posisi mobil agar tetap lurus.

4. Berhentilah

Setelah melakukan semua itu dan mobil berada pada kecepatan yang cukup pelan, maka berhentilah di tempat aman. Lalu, nyalakan lampu darurat dan gantilah ban mobil yang pecah dengan ban serep.

Tentunya hal itu cukup membuat dag-dig-dug ya Hyundai Lovers? Untuk memastikan tidak mengalami pecah ban, ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan seperti mengecek tekanan ban secara berkala, mengecek kondisi ban, dan gantilah ban mobil Hyundai kesayangan bila kondisi ataupun usianya sudah melebihi batas normal.

 

Share