12 January 2021 00:07 WIB

Mudahnya Memindahkan Gigi pada Hyundai Palisade

Hyundai Palisade merupakan sebuah SUV besar terbaru yang kini sudah tersedia di Indonesia. SUV yang sangat bergaya Amerika ini juga memberikan suatu sensasi mengemudi yang berbeda, yaitu mudahnya melakukan penggantian gigi.

Jika biasanya pada mobil transmisi otomatis lainnya, jika ingin mengganti gigi, harus menarik penerseling ke posisi tertentu yang dilakukan secara mekanikal. Memang ada beberapa mobil yang sudah tidak melakukannya namun sangat jarang.

Tuas Transmisi yang digunakan oleh Hyundai Palisade adalah Button Type Shift By Wire yang juga telah diaplikasikan di kedua mobil listrik Hyundai yang tersedia di Indonesia, yaitu Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric.

Penggunaannya sangatlah mudah dan intuitif. Sesuai dengan nama dan wujudnya, untuk melakukan penggantian gigi, hanya cukup dengan menekan tombol saja. Lalu, gigi akan terpilih secara elektronik.

Tombol-tombol ini pun dibuat seintuitif mungkin dengan penempatan yang mirip dengan transmisi otomatis pada umumnya, yaitu P di paling atas yang kemudian disusul R, N, lalu D.

Dengan transmisi model ini juga, desainer Hyundai Palisade bisa menempatkan konsol tengah yang berbentuk seperti jembatan yang terlihat modern dan futuristis serta terlihat berbeda dibandingkan dengan mobil biasa.

Dengan sistem inilah Hyundai Palisade memberikan rasa mobil premium yang lebih kental dibandingkan dengan mobil premium lainnya. Bahkan pada hal sekecil memindahkan gigi.

 

Share