04 August 2023 11:00 WIB

Overspray? Ternyata Ada Cara Menghilangkannya

Ketika melakukan pengecatan pada bodi mobil, salah satu hal yang paling sering terjadi adalah overspray. Overspray adalah momen ketika bagian dari cat yang disemprotkan ke bagian mobil melebihi panel yang diinginkan. Misalnya hendak mengecat pintu depan tapi cat ada yang keluar sampai ke pintu belakang.

Baca juga: Kemana Oli Bekas Biasanya Dibuang?

Overspray sendiri bisa mengakibatkan beberapa hal, misalnya finishing yang tidak rata, cat terlihat belang, sampai kehalusan permukaan yang berbeda.

Namun tenang saja, karena overspray sejatinya bisa dihilangkan.

Jika tidak terlalu parah, overspray bisa dihilangkan dengan teknik claybar. Penggunaan claybar akan mengangkat lapisan berlebih dan membuat permukaan cat menjadi mulus.

Cat overspray juga bisa saja dipoles. Istilah kasarnya dikikis secara perlahan hingga kembali ke kondisi semula.

Namun tentunya, cara terbaik adalah untuk mencegah terjadinya overspray dengan persiapan cat yang baik, utamanya menutupi bagian yang tidak mau dicat dengan sempurna (masking).

Pada bengkel bodi resmi PT Hyundai Mobil Indonesia, Anda bisa bernafas lega karena seluruh proses memiliki SOP masing-masing, salah satunya melakukan masking dengan presisi untuk mencegah overspray.

Selain itu, bengkel bodi dan cat PT Hyundai Mobil Indonesia juga memiliki layanan oven untuk mencegah kontaminan dan membuat cat cepat kering.

Layanan bodi dan cat PT Hyundai Mobil Indonesia tersedia di Hyundai Simprug, Hyundai Pondok Ungu, dan Hyundai BSD City. Bila berkenan, Hyundai Lovers bisa hubungi jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia pada https://hyundaimobil.co.id/network-contact