16 February 2017 09:00 WIB

Perhatikan Dulu 3 Hal Berikut Sebelum Memilih Velg Bekas

Setiap pemilik mobil pasti menginginkan tampilan mobilnya yang terbaik, termasuk di bagian kaki-kaki. Paling mudah tentu adalah mengganti bagian velg. Hanya saja, harga velg satu set relatif mahal. Untuk itu, tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk membeli velg bekas. Namun, aa beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan membeli velg bekas.

1.Kondisi Warna Cat Velg
Perhatikan warna cat velg, apakah masih dalam kondis orisinal (sesuai pabrikannya) atau sudah dicat ulang? Pengecatan ulang biasanya dilakukan si penjual guna menutupi cacat pada velg, seperti keretakan pada bodi velg, sehingga terlihat dalam kondisi prima saat dijual.

2.Kondisi Bibir dan Lingkaran Velg
Perhatikan kondisi pinggiran velg, apakah kondisinya presisi atau tidak. Jika ada baret-baret mungkin lumrah saja, tapi jika ada bagian yang tidak rata pada sisi pinggiran bibir velg tentu akan mengurangi penampilannya. Selain itu, kondisi velg seperti ini akan memengaruhi kondisi stir mobil jadi tidak stabil saat berkendara.

3.Material Velg dan Tipe Velg
Perhatikan jenis material velg yang akan dibeli dan tipe model yang akan dipasangkan di mobil sesuai dengan kondisi ukuran dan estetika. Banyak pilihan jenis material velg, seperti bahan kaleng, billet, forged alloy, steel, atau magnesium.

Setelah Anda menjatuhkan pilihan dan membelinya, jangan lupa bawa ke bengkel untuk balancing sekaligus memastikan kondisi velg. Jangan sampai banyak timah yang harus dipasang pada velg mobil Anda untuk mendapat kestabilan, karena akan mengurangi tampilan velg tersebut.