18 November 2020 06:29 WIB

Salah Kaprah Air Hujan Bisa Membersihkan Mobil

Hujan bisa menjadi berkat bagi beberapa orang. Bagi yang ingin santai, hujan membawa ketenangan dan kesejukan, para petani mendapatkan air untuk irigasi sawahnya, dan para pemilik mobil bisa membiarkan mobilnya bersih dengan terkena hujan.

Tetapi, apakah hujan bisa membersihkan mobil? 

Memang debu-debu kecil dan ringan akan tersapu bersih oleh air hujan, hal ini seperti menyemprotkan air ke bodi mobil. Debu-debu dan partikel kecil akan turun dengan mudah dan membuat mobil lebih bersih.

Tetapi, bila air hujan dibiarkan dan mobil tidak dicuci dengan alasan sudah dibersihkan oleh hujan, hal ini tidaklah benar. Air hujan lebih kotor dibandingkan dengan air keran yang digunakan untuk mencuci.

Selain itu, air mengandung mineral. Bila biasanya kita mencuci mobil lalu kita keringkan, hal ini seringkali dilupakan dengan air hujan.

Orang jarang sekali mengelap air hujan yang menempel pada kendaraan dan membiarkannya kering dengan sendirinya dengan mengandalkan sinar matahari. Bila demikian, maka akan timbul bercak-bercak pada permukaan cat mobil. Hal ini disebut dengan waterspot.

Bila waterspot sudah terbentuk, maka akan sulit menghilangkannya. Memang ada beberapa metode untuk menghilangkan waterspot seperti poles misalnya. Itupun tidak boleh dilakukan terlalu sering karena menipiskan permukaan cat.

Selain itu, rajin-rajin mencuci mobil akan mengusir partikel partikel tak kasat mata pada mobil yang bisa menimbulkan karat bila dibiarkan.

Bila ada waktu, maka berilah cat mobil sedikit proteksi seperti wax setiap beberapa interval mencuci. Wax akan melindungi permukaan cat dan memberikan proteksi tambahan dari partikel air ataupun sinar matahari. 

Selain itu, mobil yang memiliki wax akan lebih mudah dibersihkan karena permukaannya lebih licin sehingga debu dan kotoran bisa terangkat dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan usaha lebih.

Dengan demikian, maka mencuci mobil di kala musim hujan juga ada baiknya loh. Meskipun akan kotor lagi karena hujan, setidaknya cat pada mobil akan lebih terawat dibandingkan bila dibiarkan begitu saja.

 

Share