29 May 2019 05:00 WIB

Toolkit Tambahan Yang Perlu Ada di Mobil

Punya mobil itu bukan berarti hanya bisa menyetir saja, tapi juga harus mengerti cara merawatnya. Paling tidak saat dalam kondisi mendesak atau darurat, Anda bisa menjadi montir. Artinya, berbekal tool kit yang wajib ada di mobil, Anda bisa menangani masalah yang dialami tanpa mengandalkan bantuan lain. Seperti mengganti roda akibat ban bocor dengan cadangan yang ada. Makanya tool kit, kunci roda dan dongkrak menjadi perlengkapan yang wajib hadir di mobil.

Tool kit biasanya termasuk aneka jenis kunci dan ukuran, obeng, tang dan perkakas standar lainnya. Namun tak cuma itu perkakas yang wajib disiapkan di dalam mobil. Ada sejumlah alat tambahan lain yang sebaiknya disimpan di kabin mobil untuk mendukung dalam keadaan mendesak.

Yang pertama, kotak P3K. Ini penting, baik untuk luka ringan atau pertolongan pertama sebelum ditangani klinik atau rumah sakit. Biasanya kotak P3K berisikian kapas, perban, alkohol, Biasanya kota P3K berisikan alkohol disinfektan, kapas, perban, cotton bud dan obat-obatan lain. Selalu sedia kotak P3K di mobil Anda.

Berikutnya, senter. Tak ada artinya jika perkakas mengganti ban sudah lengkap, tapi tak bisa dilakukan karena hari sudah gelap. Senter juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung perbaikan di mesin maupun mencari barang yang terselip di kolong jok, misalnya.

Perkakas tambahan lain yang perlu disiapkan di mobil terkait dengan ban. Siapkan alat pengukur tekanan angin ban dan pompa elektrik portabel. Ketika ban kurang angin, cukup colok pompa dengan soket elektrik dan lakukan penambahan angin sesuai ukuran. Boleh juga menyimpan flat tyre repair kit. Perlengkapan untuk Anda melakukan tambal ban tubeless sendiri.

Terakhir jangan lupa kabel jumper. Kalau aki mobil soak dan kondisi tak memungkinkan untuk melakukan penggantian, kabel jumper solusinya.