6 Mobil Hyundai Di Indonesia Dengan Sport Mode, Ini Cara Kerja Dan Bedanya
Banyak pengemudi mobil bertransmisi otomatis mengira sensasi berkendara akan selalu terasa datar dan seragam. Padahal, pada mobil modern seperti Hyundai, karakter berkendara bisa diubah hanya lewat satu pengaturan. Di sinilah fitur Sport Mode mengambil peran. Bukan untuk membuat mobil balap, tetapi untuk memberi respons yang lebih sigap ketika pengemudi membutuhkannya, seperti saat menyalip atau melaju di jalan tol.
Menariknya, pada mobil Hyundai yang dijual di Indonesia, Sport Mode tidak selalu hadir dalam bentuk tombol bertuliskan “SPORT”. Ia menjadi bagian dari sistem Drive Mode Select, dengan nama dan cara kerja yang berbeda tergantung model dan jenis transmisinya.
Berikut penjelasan Sport Mode pada berbagai mobil Hyundai di Indonesia:
1. Hyundai CRETA: Sport Mode Pada IVT
Pada CRETA bertransmisi IVT, Sport Mode diakses melalui Drive Mode Select dengan pilihan Eco, Normal, dan Sport. Saat Sport aktif, respons pedal gas menjadi lebih cepat dan putaran mesin ditahan lebih tinggi. Efeknya terasa saat akselerasi menyalip atau saat ingin respons instan tanpa harus menginjak gas lebih dalam.
2. Hyundai STARGAZER dan STARGAZER X: Sport Untuk Kebutuhan Harian
STARGAZER dan STARGAZER X juga mengandalkan Drive Mode dengan pilihan Eco, Normal, dan Sport. Dalam mode Sport, karakter transmisi IVT dibuat lebih agresif, membuat mobil terasa lebih ringan saat berakselerasi. Mode ini sering terasa manfaatnya di jalan tol atau ketika membawa muatan penuh.
3. Hyundai TUCSON: Sport Mode Yang Mempengaruhi Rasa Berkendara
Di Hyundai TUCSON, Sport Mode merupakan bagian dari Drive Mode Select. Selain mengubah respons mesin dan transmisi, pada varian tertentu mode ini juga mempengaruhi bobot setir. Hasilnya, mobil terasa lebih “terhubung” dengan pengemudi, terutama saat melaju di kecepatan menengah hingga tinggi.
4. Hyundai SANTA FE: Sport Mode Dengan Karakter Lebih Tegas
SANTA FE menghadirkan pilihan mode berkendara yang lebih lengkap, termasuk Sport. Saat diaktifkan, transmisi menahan gigi lebih lama dan respons mesin menjadi lebih spontan. Engine braking juga terasa lebih kuat, membuat pengendalian lebih presisi saat berkendara dinamis.
5. Hyundai PALISADE: Sport Mode Pada SUV Besar
Sebagai SUV besar dengan transmisi otomatis 8-percepatan, Palisade menggunakan Drive Mode Select dengan mode Sport untuk mengubah karakter berkendara. Sport Mode membuat respons throttle lebih sigap dan perpindahan gigi lebih agresif, membantu mobil terasa lebih ringan meski dimensinya besar.
6. Hyundai IONIQ 5: Sport Mode Versi Mobil Listrik
Pada IONIQ 5, Sport Mode hadir dalam Drive Mode meski tanpa transmisi konvensional. Efeknya langsung terasa pada respons pedal dan distribusi tenaga. Dalam mode Sport, torsi motor listrik dilepas lebih instan, membuat akselerasi terasa jauh lebih cepat dibanding mode Normal atau Eco.
Ciri Knalpot Sehat?
hyundaimobil.co.id/news/details/5-ciri-knalpot-mobil-yang-sehat-saat-dinyalakan-di-pagi-hari
Dari berbagai model tersebut, terlihat bahwa Sport Mode pada Hyundai bukan sekadar gimmick. Fitur ini dirancang untuk memberi fleksibilitas karakter berkendara, menyesuaikan kondisi jalan dan kebutuhan pengemudi. Namun perlu diingat, Sport Mode tidak menambah tenaga mesin, ia hanya mengubah cara tenaga tersebut disalurkan. Digunakan di momen yang tepat, Sport Mode bisa membuat pengalaman berkendara terasa lebih hidup tanpa mengorbankan kendali.
Sebagai fitur yang kini hadir di berbagai model Hyundai, Sport Mode sebaiknya dipahami dan dicoba langsung agar pengemudi benar-benar merasakan perbedaannya dalam kondisi berkendara nyata. Untuk mengetahui lebih jauh karakter tiap model, sekaligus mendapatkan informasi terbaru seputar produk dan program yang ditawarkan PT Hyundai Mobil Indonesia, Hyundai Lovers dapat bertanya langsung kepada DITA, asisten digital Hyundai, melalui hyundaimobil.co.id/hyundai-dita. Di sana, Hyundai Lovers bisa mengeksplorasi pilihan kendaraan dan promo yang sesuai dengan kebutuhan.