10 September 2024 08:00 WIB

9 Langkah Merawat Sistem Audio Mobil Hyundai Kesayangan

Mobil sudah keren dan modern seperti mobil-mobil yang dijual PT Hyundai Mobil Indonesia, tentu tak boleh melupakan cara merawat sistem audio mobil. Jika rusak, rasanya hampa tanpa lagu dan musik. Jika kotor, akan berpotensi rusak di kemudian hari. Namun sebagian besar, manusia menjadi penyebab kerusakannya. Malas merawat dan kurang pengetahuan akan sistem audio menjadi penyebabnya.

 

Sistem audio Hyundai bahkan sudah ada yang memakai produk premium yaitu BOSE. Kalaupun tidak memakai BOSE, kualitas suaranya tetap mampu memanjakan pengemudi dan penumpangnya. Sebab kualitas audio yang baik, dapat memberikan mood booster yang berpengaruh positif saat itu.

 

Oleh karena itu, sistem audio juga memerlukan perawatan untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Berikut adalah 9 tips merawat sistem audio mobil Hyundai kesayangan:

  1. Jaga Kebersihannya 

Jauhkan dari debu dan kotoran. Gunakan kain lembut untuk membersihkan komponen audio, termasuk head unit, speaker dan amplifier. Lakukanlah secara teratur, syukur-syukur bisa disiplin dilakukan setiap akhir minggu. Mohon diingat untuk menghindari penggunaan bahan kimia pembersih yang keras, karena dapat merusak komponen.

  1. Lindungi Speaker
    Speaker merupakan komponen paling rentan pada sistem audio. Bukan secara lindungi secara fisik, namun juga perlu melindungi dari kerusakan dengan menghindari memutar musik pada volume tinggi dalam waktu yang lama.

  2. Gunakan File Audio Berkualitas Tinggi 

File audio berkualitas tinggi demi menjaga kualitas suara terbaik. Sebaliknya, file berkualitas rendah berpotensi cempreng/distorsi, bahkan pada sistem audio kelas atas pun akan terdampak serupa.

  1. Gunakan Sistem Secara Reguler

Karena kurangnya penggunaan audio, dapat menyebabkan komponen menurun kualitasnya.

  1. Jaga Mobil Tetap Dingin
    Panas dapat merusak komponen elektronik dalam sistem audio mobil. Parkirlah di tempat yang teduh atau gunakan kerai untuk menjaga interior tetap sejuk.

  2. Matikan
    Matikan sistem audio lebih dulu sebelum mematikan mesin mobil. Hal ini bertujuan mencegah lonjakan tegangan yang dapat merusak sistem.

  3. Rawat Baterai

Aki yang lemah dapat menyebabkan komponen sistem audio tidak berfungsi, maka cek aki secara rutin agar bisa mengetahui kondisinya.  

  1. Hindari Paparan Terhadap Kelembapan
    Kelembaban dapat merusak komponen sistem audio. Hindari membiarkan jendela mobil Anda terbuka saat hujan.

  2. Periksa Sambungan Yang Longgar
    Pastikan semua sambungan antar komponen aman dan bebas korosi. Sambungan yang longgar dapat menyebabkan suara statis atau terdistorsi.

Itu adalah 9 langkah perawatan sistem audio mobil. Jika keadaan menjadi lebih buruk, segera perbaiki sistem audio Anda secara profesional oleh teknisi yang berkualifikasi. Mereka dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah apa pun sebelum menjadi masalah yang signifikan. Jangan sungkan menghubungi https://hyundaimobil.co.id/booking-service, agar dapat mudah mengatur jadwal perbaikan mobilmu.