07 September 2024 08:00 WIB

Indoor V2L: Colokan Listrik Rumah Di Hyundai Kona Electric

Kelupaan ngecas (charge) laptop? Buru-buru tak sempat mengeringkan rambut? Masih banyak lagi contoh dimana kita sebenarnya sering kesulitan ketika peralatan listrik membutuhkan daya listrik untuk mengoperasikannya. The all new Hyundai Kona Electric sekarang dapat digunakan sebagai sumber daya eksternal untuk memberi daya pada beberapa perangkat/peralatan atau peralatan listrik.

Selain mobil listrik andalan Hyundai sebelumnya, Hyundai Ioniq 5 Signature dan Hyundai Ioniq 6, yang terbaru yaitu the all new Hyundai Kona Electric juga telah memiliki fitur yang disebut Indoor V2L (Vehicle To Load). Colokan listrik ini bagaikan dewa penyelamat bagi peralatan listrik yang tak memiliki sistem colokan USB atau miltiport.  

Rawat Kaca Mobil Hyundai:
https://hyundaimobil.co.id/news/details/7-cara-bersihkan-kaca-mobil-hyundai-kesayangan-anda

Indoor V2L ini terletak di bawah konsol tengah belakang. Memungkinkan penggunaan perangkat elektronik di dalam kendaraan tanpa perlu mengkhawatirkan baterai. Tinggal colok saja seperti halnya berada di dalam rumah atau di kafe. 

Sistem V2L dapat memasok daya AC (230V / 50 Hz) hingga konsumsi daya maksimum 3,6 kW (atau 15 Amps). Kendaraan ini dilengkapi dengan sistem pengaman kegagalan untuk mencegah kelebihan beban V2L.  

Namun pada saat menggunakan V2L ini, penting untuk menerapkan kehati-hatian yang sama seperti yang Anda lakukan saat menggunakan peralatan listrik/perlengkapan listrik di rumah atau tempat kerja Anda. Secara teknis, V2L bekerja dengan cara yang mirip dengan generator portabel atau inverter besar, bukan sebagai penyimpanan baterai untuk rumah atau tempat kerja Anda.

Mobil listrik terbaru ini amat menarik untuk dieksplor lebih lanjut. Lakukan test drive melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive. Hyundai Kona Electric bisa dites di dealer terdekat dengan rumah atau kantor Anda, atau bahkan di rumah Anda sendiri. Feel free untuk mencobanya!