25 July 2024 08:00 WIB

Jaga Sistem Knalpot Dalam Kondisi Prima Kurangi Resiko Perbaikan Mahal

Sistem pembuangan/knalpot (exhaust system) merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang mampu menjaga kesehatan mobil secara keseluruhan. Kondisi sistem pembuangan atau biasa kita sebut dengan knalpot, juga mampu menjaga performa dan efisiensi bahan bakar. 

Tapi kita hanya memperhatikan knalpot di bagian ujungnya saja, sebab hanya itulah yang mudah dilihat. Sehingga menjadi wajar, jika sering kali sistem ini merupakan salah satu komponen yang paling sering diabaikan dalam hal perawatan. 

Baca Juga:
https://hyundaimobil.co.id/news/details/ini-5-cara-menjaga-internal-mesin-tetap-bersih

PT Hyundai Mobil Indonesia coba memandu Hyundai Lovers tentang langkah demi langkah dalam menjaga sistem pembuangan mobil tetap bersih untuk performa yang optimal dan umur yang panjang. Berikut panduannya:

1. Pemeriksaan Rutin
    - Periksa karat dan korosi.
    - Cari kerusakan.

2. Bersihkan Sistem Pembuangan
    - Bersihkan bagian luar.
    - Hilangkan endapan karbon.

3. Mengatasi Kebocoran
    - Dengarkan suara yang tidak biasa.
    - Periksa gasket dan segel.

4. Memelihara Konverter Katalitik
    - Periksa efisiensi.
    - Gunakan bahan bakar berkualitas.

5. Perawatan Profesional
    - Jadwalkan pemeriksaan rutin.
    - Pembersihan sistem pembuangan.
    - Penggantian knalpot dan pipa.

6. Tindakan Pencegahan
    - Berkendara secara teratur.
    - Hindari perjalanan singkat.
    - Gunakan oli yang tepat.

Mengikuti langkah-langkah pemeriksaan, pembersihan dan perawatan preventif seperti ini tidak hanya akan menjaga sistem pembuangan mobil dalam kondisi prima, tetapi juga berkontribusi pada mesin yang lebih sehat dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. 

Dengan menjadikan perawatan sistem pembuangan sebagai bagian dari rutinitas perawatan mobil, Hyundai Lovers berinvestasi pada kesehatan kendaraan secara keseluruhan dan mengurangi resiko perbaikan yang mahal di kemudian hari.

Jika ingin mengecek kondisi knalpot sesuai dengan panduan ini, bisa membooking jadwal perawatannya melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service. Mudah dan praktis.