13 August 2024 08:00 WIB

Kaca Depan Dan Samping Itu Berbeda! Berikut 4 Langkah Penting Perawatannya

Seringkali kita lebih peduli pada cat mobil. Kegores sedikit, langung gercep menghubungi https://hyundaimobil.co.id/booking-service. Kena hujan, buru-buru dilap pas tiba di rumah. Padahal bukan saja cat yang perlu dijaga, namun kaca mobil juga menuntut perawatan.

Tujuannya, selain resik, kaca mobil yang bersih amat penting bagi visibilitas mengemudi. Walaupun juga dijaga oleh kaca film, kaca mobil yang sebagian besar kini bermaterialkan tempered glass (temperlite). Dibuat dari kaca yang dikeraskan dengan proses pemanasan kurang lebih sampai 650 derajat Celcius, dan kemudian didinginkan secara tiba-tiba dengan menyemprotkan udara pada permukaan kaca. 

Ingin Ganti Velg Lebih Besar?
https://hyundaimobil.co.id/news/details/ingin-ganti-velg-lebih-besar-pertimbangkan-3-hal-ini

Keunggulannya adalah memiliki kekuatan 3-5 kali lebih kuat dari kaca mentah (raw glass) dengan ketebalan yang sama. Bahkan saat pecah pun, tempered glass akan pecah menjadi fragmentasi kecil yang tidak tajam yang tentunya mengurangi resiko cedera serius.

Sedangkan kaca depan merupakan jenis safety glass yang berbeda yang disebut laminated glass (populer juga dengan sebutan sandwich glass). Menggunakan beberapa lapisan yang saat pecah tidak akan berhamburan karena ada satu lapisan khusus yang menyebabkan kaca tersebut tetap menempel.

Untuk itu, kaca menjadi penting dirawat, yang meliputi:

1. Menjaga Kebersihan Kaca Bagian Luar
Seperti halnya bodi mobil, kaca juga sangat mudah terkena kotoran. Debu, chip stone, air hujan, bahkan cipratan air dari kendaraan lain berpotensi meninggalkan jejak noda. Ingat, jangan terlalu lama membiarkan jejaknya. Gunakan lap basah sehingga noda hilang dan tidak meninggalkan goresan. Jika sempat, ada baiknya pergilah mencuci mobil seluruhnya.

2. Menjaga Kebersihan Kaca Bagian Dalam
Kaca bagian dalam pada umumnya sudah dilapis kaca film, kecuali mungkin kaca depan. Cukup dengan air bersih dan lap yang lembut untuk membersihkan kaca film. Jangan gunakan bahan pembersih dengan kandungan kimia kuat (amoniak/alkohol) karena akan merusak kaca film.

3. Waspada Goresan Di Kaca Film
Meskipun punya standar anti gores, bukan berarti kaca film tak bisa tergores. Waspada benda sekecil apapun yang masuk ke dalam mobil, bisa menggores kaca film yang mengganggu kondisi kacanya. 

4. Periksa Kondisi Karet Wiper
Saat karet wiper mengeras, getas atau lepas, mudah saja wiper menggores kaca depan/belakang. Rutinlah untuk mengecek kondisi karet wiper, dan membersihkan bagian karet yang menempel pada kaca. Hindari debu dan kerikil kecil yang menempel, sebab berpotensi menggores kaca. Pada umumnya, karet wiper diganti paling lambat setahun sekali. 

Jika mengalami kendala dalam perawatab kaca mobil Anda, jangan segan-segan untuk menghubungi kami. PT Hyundai Mobil Indonesia membuka layanan untuk Hyundai Lovers bisa menjadwalkan servis kendataan kesayangan melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.