06 July 2021 11:27 WIB

Manual Mode Optimalkan Tenaga Sesuai Keinginan Pengemudi

Mobil bertransmisi otomatis memanglah nyaman, terutama pada saat macet dan jalanan menanjak. Karena, tidak perlu repot memikirkan mobil stall karena kontrol kopling yang kurang baik.

Namun transmisi otomatis seringkali dikritik karena satu hal, pengemudi tidak bisa memilih giginya secara spesifik. Hal ini membuat transmisi otomatis seringkali dianggap membosankan untuk pengemudian yang sporti dan kurang sesuai dengan keinginan pengemudi.

Ada solusi dari masalah tersebut, yang membuat mobil tetap nyaman, namun memberikan rasa kontrol lebih terhadap transmisi, yaitu dengan mode manual.

Hal ini seringkali disebut dengan transmisi tiptronic. Transmisi ini memanglah transmisi otomatis pada umumnya, namun ada mode pengendalian manual.

Jika dimasukkan ke mode manual, maka gigi bisa dipilih sesuai dengan keinginan pengemudi. Misalnya ingin menyusul kendaraan lain, tinggal turunkan gigi untuk mendapatkan tenaga ekstra.

Fitur ini sendiri sudah tersedia di berbagai mobil Hyundai. Bahkan, Hyundai H-1 diesel saja sudah dilengkapi dengan mode ini agar bisa dikontrol lebih jauh oleh pengemudi namun tetap nyaman.

Apalagi, mode manual ini juga bisa dikontrol melalui paddle shift di balik kemudi. Dengan paddle shifter seperti pada Hyundai Santa Fe ini, pengaturan gigi bisa diatur tanpa pengemudi harus melepaskan tangannya.

Dengan mode manual inipun, pengemudi bisa mengontrol mobil lebih jauh dengan mempertahankan aspek kenyamanan.

 

Share