17 October 2024 07:00 WIB

Mohon Perhatikan 5 Langkah Mencuci Mobil Yang Baik

Mengutip Kompas.com, bahwa membersihkan atau mencuci mobil selama satu jam diyakini dapat membakar hingga 343 kalori. Masuk di akal, kalori sebanyak itu bisa dibakar melalui gerakan yang betul-betul dinamis. Bayangkan, membersihkan velg dan ban butuh berjongkok. Membersihkan atap mobil perlu meregangkan tangan sejauh mungkin. Belum lagi, banyak sisi mobil yang harus dijangkau yang membutuhkan gerakan yang tak sedikit. 

Pertimbangan mencuci mobil sendiri juga baik dari segi perawatan, sebab Hyundai Lovers bisa mengenali lebih dalam mobil kesayangan sekaligus hapal akan kondisinya terakhir. Coba nyalakan musik saat sedang mencuci, tentu akan membuat kegiatan akhir minggunya jauh lebih bermanfaat. 

5 Tanda Mobil Harus Spooring:
https://hyundaimobil.co.id/news/details/5-tanda-mobil-kesayangan-wajib-melakukan-spooring

Tapi sebelum mencuci, siapkan dulu perlengkapannya. Idealnya setiap pemilik mobil yang penuh kasih harus memiliki:

- Sabun pencuci mobil yang sangat lembut.
- Sarung tangan mikrofiber yang lembut.
- 2 ember. 
- Sikat roda dan sikat pembersih ban.
- Handuk pengering mikrofiber yang sangat menyerap.
- Pembersih serangga dan tar (jika diperlukan).

Setelah siap, mohon perhatikan 5 langkah mencuci mobil yang baik:

Langkah 1:
Semprotkan air ke seluruh bagian mobil. Jika ada serangga atau kotoran burung yang mengering dan tidak ingin menggunakan penghilang serangga dan tar, letakkan kain lap basah bersabun di tempat tersebut untuk melonggarkannya saat Hyundai Lovers mengerjakan bagian mobil lainnya.

Langkah 2:
Bersihkan lubang roda dan ban. Semprotkan dengan baik, lantas gunakan sikat roda dan air sabun untuk menggosok. Pastikan untuk membilas sikat sesering mungkin untuk menghilangkan pasir dan batu-batu kecil.

Langkah 3:
Mulai dari bagian atas, mulailah mencuci mobil. Kerjakan bagian-bagian kecil dengan menggunakan spons atau sarung tangan. Bilas terus menerus, jangan biarkan sabun mengering pada mobil.

Langkah 4:
Keringkan mobil dengan menggunakan handuk dengan gerakan menyapu panjang yang mengikuti kontur bodi mobil. Alat pembersih yg terbuat dari silikon bermutu tinggi tersedia di beberapa toko perlengkapan mobil yang secara efektif menghilangkan air dan membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan mengeringkan dengan handuk. Pengeringan penting untuk mencegah bercak dan goresan air. Air dengan kandungan mineral yang tinggi akan meninggalkan endapan kecil pada lapisan akhir mobil.

Langkah 5:
Rawat area khusus sesuai kebutuhan. Jika suka ban yang mengkilap? Gunakan pelumas ban. Ini hanya untuk bagian samping ban. Jangan sampai mengenai tapak ban, cat atau rotor rem. Jika terdapat bekas serangga/tar yang mengering dengan keras, pakailah produk khusus untuk menghilangkannya. Paling penting adalah dengan mengikuti petunjuk pada produk pembersih yang dipakai.