30 August 2024 08:00 WIB

Walaupun Berbentuk SUV, Hyundai Ioniq 5 Memiliki Banyak Elemen Kunci Aerodinamika

Aerodinamika sangat penting bagi mobil listrik (EV). Jika meningkatkan kapasitas baterai, jarak tempuh berkendara juga meningkat, tetapi begitu juga dengan harga dan beratnya. Dengan kata lain, jika ingin membuat mobil listrik yang dapat berjalan lebih lama dengan ukuran baterai yang sama, aerodinamika menjadi kunci kepraktisannya.

Untuk menciptakan pengalaman inovatif yang sesuai dengan era kendaraan listrik dan ruang yang luas yang dioptimalkan untuk gaya hidup khusus penumpang, Hyundai Ioniq 5 memiliki jarak sumbu roda 3.000 mm (jarak antara roda depan dan belakang) yang panjang dengan baterai yang ditempatkan di bagian bawah bodi. 

Asyiknya Hyundai Ioniq 5:
https://hyundaimobil.co.id/news/details/hyundai-ioniq-5-prime-dapat-mengemudi-sendiri-di-jalan-tol

Selain itu, gaya SUV yang tinggi memaksimalkan ruang kabin dengan memperpendek overhang depan dan belakang. Namun mempertahankan gaya SUV dimana ada fokus kepraktisan ruang kabin, perluasan ruang kargo dan kaca belakang yang tinggi demi kenyamanan penumpang kursi belakang, selalu bertentangan dengan aerodinamika. 

Berdasarkan desain yang dioptimalkan untuk aerodinamika, desain fungsional diterapkan pada Hyundai Ioniq 5 untuk mengimbangi kelemahan dan meningkatkan kelengkapan desain. Performa aerodinamis dipertimbangkan di berbagai area seperti spoiler belakang, yang merupakan elemen kunci dari performa aerodinamis (kemampuan menangani interaksi antara mobil dan udara), pengontrol aliran udara yang cerdas (Active Air Flap), roda dan bagian bawah mobil. 

Kap mesin yang ramping dengan jok rendah, pilar A yang miring ke bawah dan ground clearance terendah (ketinggian dari permukaan jalan ke bodi mobil) dibandingkan crossover pada umumnya juga merupakan beberapa elemen aerodinamis Hyundai Ioniq 5.

Hasilnya, koefisien hambatan Hyundai Ioniq 5 adalah 0,288, yang mengurangi hambatan udara sekitar 11% hingga 18% dibandingkan dengan mobil dengan mesin pembakaran internal di kelas yang sama (koefisien hambatan: 0,32 hingga 0,34). Hal ini serupa dengan koefisien hambatan (0,28~0,31) dari SUV listrik lainnya, dan membuat daya saing Hyundai Ioniq 5 sangat baik. 

Banyak sekali inovasi yang diterapkan pada Hyundai Ioniq 5. Semua mengandung terapan teknologi modern yang sangat memperhatikan tujuan berkendara. Untuk mengetahui price list terkini dari Hyundai Ioniq 5, Hyundai Lovers bisa mengeceknya di https://hyundaimobil.co.id/pricelist. Pastikan setelah itu menghubungi DITA di https://hyundaimobil.co.id/hyundai-dita. DITA yang akan membantu menjelaskan mengenai Produk dan Promo yang Anda sekeluarga inginkan.