26 October 2023 10:03 WIB

3 Makna Warna Asap Dari Knalpot Mobil

Mesin mobil seringkali mengeluarkan asap dari knalpotnya, apalagi pada mobil yang sudah berusia atau ketika ada komponen yang diganti, misalnya modifikasi knalpot atau remap ECU.

Asap sendiri bisa berfungsi sebagai indikator masalah pada mobil, seperti demam pada tubuh manusia. Karena asap yang memiliki warna berbeda akan memiliki makna berbeda. Apa saja asapnya? PT Hyundai Mobil Indonesia akan jabarkan.

1. Asap Putih

Asap putih bisa bermakna dua. Jika asap putih hanya muncul pada kondisi mesin dan cuaca dingin, biasanya merupakan uap air yang terbentuk karena kondensasi. Namun bila asap putih muncul terus-menerus, ada kemungkinan terjadi kebocoran pada aliran air radiator sehingga masuk ke ruang bakar yang berbahaya bagi umur mesin.

2. Asap Hitam

Asap hitam sering terjadi pada mobil diesel karena rasio bahan bakar yang berlebihan. Namun hal ini juga bisa terjadi kepada mobil bensin jika rasio bahan bakar pada mesin tidak pas.

Baca juga: Mesin Diesel Hyundai Ramah Lingkungan Dengan Standar Euro 4

3. Asap Biru

Asap biru menandakan adanya kebocoran oli yang masuk ke ruang bakar. Oli bisa masuk melalui beberapa titik, utamanya ring piston yang sudah aus atau kendor.

Jika mobil Hyundai Anda sudah memberikan tanda-tanda asap tersebut, segera lakukan pengecekan di jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Mekanik akan melakukan pengecekan dan perbaikan bila diperlukan.

Untuk menghemat waktu, lakukanlah Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.