29 February 2024 08:00 WIB

3 Penyebab Utama Mesin Mendadak Ngelitik

Salah satu suara yang tidak ingin terdengar dari mesin, terutama mesin bensin adalah suara knocking atau seringkali dikenal dengan ngelitik. Suara knocking sendiri seringkali membuat mesin terasa tidak bertenaga.

Knocking atau ngelitik sendiri bisa disebabkan karena beberapa hal. Namun PT Hyundai Mobil Indonesia akan sebutkan 3 penyebab paling umumnya:

1. Oktan Rendah

Bila mobil diisi bahan bakar dengan oktan rendah yang tidak sesuai standar, mesin bisa saja mengalami knocking. Hal ini karena bahan bakar mengalami detonasi lebih cepat dari seharusnya karena tingginya kompresi mesin.

2. Overheat

Bila mesin mengalami panas berlebih, mesin seringkali mulai mengalami knocking atau ngelitik. Pastikan jarum temperatur selalu berada di tengah dan tidak menyentuh titik merah.

3. Busi dan Pengapian

Bila ada masalah pada busi atau coil pengapian, mesin bisa saja mengalami knocking karena pembakaran tidak sempurna. Beberapa penyebabnya adalah busi yang sudah lemah, atau terkadang karena coil pengapian yang panas.

Baca juga: Ganti Oli Lebih Cepat, Apakah Boleh?

3 faktor tersebut adalah 3 faktor utama yang umum terjadi menyebabkan mesin ngelitik. Pastikan mobil Hyundai Anda selalu mendapatkan perawatan terbaik serta diisi dengan bahan bakar sesuai standar rekomendasi.

Bila mengalami kendala pada mobil Hyundai kesayangan Anda, Anda dapat segera melakukan Booking Service di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.