06 January 2023 09:53 WIB

4 Cara Sederhana Untuk Merawat Sunroof

PT Hyundai Mobil Indonesia menawarkan berbagai lini mobil dengan fitur yang lengkap. Bahkan hampir semua lini mobil Hyundai yang dipasarkan memiliki varian dengan sunroof.

Sunroof sendiri menawarkan beberapa aspek tertentu, misalnya kenyamanan pencahayaan natural, serta rasa kabin yang lebih luas.

Namun sunroof bukan bebas perawatan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi sunroof agar tidak rusak.

1. Buka Tutup

Ada berbagai kasus dimana sunroof macet dan tidak mau dibuka karena jarang digunakan. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, namun utamanya karena karet yang sudah getas sehingga menghambat pergerakan sunroof. Sehingga PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan untuk membuka dan menutup sunroof sesekali.

2. Bersihkan Sistem Buka Tutupnya

Ketika mencuci mobil, ada baiknya membersihkan sunroof sesekali, utamanya pada jalur bukaan sunroof. Caranya, buka sunroof, cek relnya berikut sela-dela detail sunroof. Lap dengan lap halus dan juga ambil kotoran yang lebih besar untuk memastikan jalur tidak kotor.

3. Berikan Silicon Spray

Khususnya pada bagian karet-karet yang berada di sistem sunroof. Gunanya agar tetap fleksibel dan tidak getas. Gunakan pelumas khusus multi fungsi (formula silicone) yang tidak mengandung minyak, sekaligus yang mampu melindungi dari air dan lembab untuk mencegah oksidasi dan korosi. 

4. Drainase Air

Jika sunroof mengalami kebocoran, ada kemungkinan drainase air mengalami masalah dan tersumbat. Untuk hal yang lebih kompleks seperti ini, ada baiknya menghubungi bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia untuk mendapatkan penanganan.

Baca juga: Semir Ban Tidak Hanya Untuk Tampilan Semata

Dengan 4 perawatan sederhana tersebut, maka sunroof pada mobil Hyundai Anda bisa bertahan dengan lebih lama. Apalagi, perbaikan sunroof seringkali tidaklah murah sehingga lebih baik mencegah kerusakan.